PKB: Konvoi 'Khilafah' Ambil Momentum Hari Pancasila Pengaruhi Ideologi Negara

  • 01 Juni 2022 05:53:52
  • Views: 5

Jakarta -

Konvoi motor yang membawa atribut khilafah terjadi di Cawang, Jakarta Timur hingga Brebes, Jawa Tengah. Anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKB Maman Imanulhaq menyebut konvoi motor ini sengaja mengambil momentum jelang Hari Pancasila 1 Juni.

Mereka mengambil momentum jelang hari Pancasila 1 Juni untuk mempengaruhi opini publik soal ideologi negara, ujar Maman ketika dihubungi, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya hal ini menyalahi kesepakatan nasional bahwa ideologi negara adalah Pancasila. Maman menilai Khilafatul Muslimin melanggar hukum.

Saya mengapresiasi pihak aparat kepolisian yang sudah bertindak kepada pelaku konvoi khilafah ini. Juga perlu ditelusuri siapa penyandang dana, tokoh intelektual dan supporting systemnya, jelas Maman.

Maman mengimbau warga tak terpengaruh isi selebaran yang dibagikan dalam konvoi Khilafatul Muslimin. Dia meminta masyarakat bersikap rasional.

Warga harus bersikap rasional untuk tetap memegang kesepakatan sebagai warga negara untuk istiqomah mentaati ideologi negara yaitu Pancasila, tutur Maman.

Perlu ada literasi kebangsaan agar jangan ada pihak yang terus mengganggu mekanisme kebangsaan, lanjutnya.

Menag: Khilafah Tak Boleh di RI

Video sejumlah pemotor konvoi 'kebangkitan khilafah' di Cawang, Jaktim, viral di medsos. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan khilafah jelas dilarang di Indonesia.

Yang jelas khilafah tidak boleh di Indonesia, kata Yaqut kepada wartawan, Senin (30/5).

Dalam video yang dilihat detikcom, poster bertuliskan kata-kata 'khilafah' sengaja dipasang di bagian belakang motor. Pengendara sepeda motor mengenakan baju berwarna hijau.

(isa/idn)

https://news.detik.com/berita/d-6104819/pkb-konvoi-khilafah-ambil-momentum-hari-pancasila-pengaruhi-ideologi-negara

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6104819/pkb-konvoi-khilafah-ambil-momentum-hari-pancasila-pengaruhi-ideologi-negara
Tokoh







Graph

Extracted

persons Fachrul Razi, Maman Imanulhaq, Yaqut Cholil Qoumas,
companies ADA, Dana,
ministries DPR RI, Fraksi PKB, Kemenag, Komisi VIII DPR, Polisi,
religions Islam,
parties PKB,
events Hari Pancasila,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Brebes, Cawang,
transportations sepeda,