Jemaah Haji Diupayakan Dapat Vaksin Booster sebelum Terbang ke Arab Saudi

  • 01 Juni 2022 05:04:22
  • Views: 17

TEMPO.CO, JakartaKementerian Kesehatan atau Kemenkes memastikan 95 persen jemaah haji Indonesia sudah divaksin Covid-19. Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, Arab Saudi mewajibkan minimal jemaah haji sudah mendapatkan dua dosis vaksin.

“Di Arab Saudi yang menjadi syarat itu dua dosis, sekarang sudah hampir 95 persen jamaah yang sudah divaksinasi dosis satu dan dua, ujar Kunta dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Mei 2022.

Dia mengatakan, pemerintah juga mengupayakan untuk memberi dosis ketiga atau booster kepada seluruh jemaah sebelum terbang ke Arab Saudi. Saat ini, kata Kunta, sudah 74 persen jemaah haji yang sudah mendapatkan dosis lengkap tersebut.

Kemenkes bersama para pemangku kepentingan lain terus mempercepat vaksinasi ketiga di 13 embarkasi seluruh Indonesia, yaitu embarkasi Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, dan Lombok.

Kunta mengatakan, di setiap embarkasi bekerja sama dengan pemerintah daerah, dinas kesehatan, dan TNI setempat. Usaha ini ditempuh agar meningkatkan tingkat imunitas bagi para jemaah sebelum menunaikan ibadahnya. “Booster sekarang sudah mencapai 74 persen, harapannya mungkin bisa 90’an persen, tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Arab Saudi memberikan kuota jemaah haji kepada Indonesia sebanyak 100.051 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 92.825 kuota haji reguler, 7.226 kuota haji khusus, dan akan didampingi oleh 1.901 orang petugas haji.

Kloter pertama berangkat 4 Juni 

Calon jemaah haji kloter pertama akan diberangkatkan pada 4 Juni 2022. Jemaah haji reguler tahun 2022 ini rencananya akan terbagi dalam 241 kloter dan diperkirakan akan diberangkatkan dalam 236 penerbangan, dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. akan mengangkut 47.915 calon jemaah haji menuju Tanah Suci. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan masyarakat telah menantikan perjalanan ibadah tersebut sejak dua tahun lalu.

“Karena itu, kami akan memastikan seluruh jemaah mendapatkan layanan terbaik, mulai dari sebelum penerbangan hingga tiba kembali di Tanah Air, ujar Irfan dalam keterangannya, Selasa, 31 Mei 2022.

Jemaah haji akan dibagi dalam 128 kelompok terbang. Mereka diberangkatkan dari sembilan embarkasi, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Baca juga: Biaya Haji Naik 2022, Tingginya Inflasi dan Pajak Saudi Dinilai Jadi Penyebab


https://nasional.tempo.co/read/1597031/jemaah-haji-diupayakan-dapat-vaksin-booster-sebelum-terbang-ke-arab-saudi

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1597031/jemaah-haji-diupayakan-dapat-vaksin-booster-sebelum-terbang-ke-arab-saudi
Tokoh



Graph