11 Sapi Terjangkit PMK Mati, KUD Probolinggo Lockdown Aktivitas Lalu Lintas Ternak

  • 31 Mei 2022 21:36:34
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Ratusan ekor sapi perah di bawah naungan Koperasi Unit Desa (KUD) Probolinggo, Jawa Timur terjangkit penyakit mulut dan kaki (PMK) hingga mengakibatkan 11 ekor di antaranya mati.

Pengurus Bidang Usaha KUD Argopuro Suloso mengatakan pihaknya memutuskan untuk melakukan lockdown atau penguncian wilayah guna mengantisipasi penyebaran wabah PMK dengan membatasi kunjungan antarpeternak hingga petugas.

Dari total populasi 7.375 ekor sapi yang bermitra bersama KUD Argopuro di Kecamatan Krucil, 229 sapi dinyatakan terpapar PMK, dan 11 ekor di antaranya dilaporkan mati.

Untuk mencegah penyebaran PMK, kami memberlakukan lockdown. Hal itu bentuk antisipasi semakin meluasnya penyebaran wabah penyakit yang mudah menular tersebut, katanya di Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Selasa.

Baca Juga: Wajah Adik Eril Jadi Sorotan saat Ridwan Kamil Bertemu Penolong Zara di Pinggir Sungai Aare

Keputusan pemberlakuan lockdown itu dilakukan melalui persetujuan dari instansi terkait yang menangani peternakan.

Kebijakan lockdown itu dilakukan dengan tidak melayani IB (Inseminasi Buatan) selama satu siklus, yaitu selama 21 hari karena pusat penularan itu bisa terjadi dari petugas saat melayani di kandang yang satu dengan kandang yang lain, ujarnya.

Selama lcokdown, kata dia, tidak boleh ada aktivitas yang dilakukan, hanya petugas yang membantu pencegahan seperti penyemprotan dan pemberian mineral multivitamin yang diperbolehkan beraktivitas di sekitar kandang.

Menurut dia, penyebaran wabah PMK yang cepat itu sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat, salah satunya terjadinya penurunan drastis produk susu yang masuk ke KUD Argopuro.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014612702/11-sapi-terjangkit-pmk-mati-kud-probolinggo-lockdown-aktivitas-lalu-lintas-ternak

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014612702/11-sapi-terjangkit-pmk-mati-kud-probolinggo-lockdown-aktivitas-lalu-lintas-ternak
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil,
companies ADA,
topics lockdown,
places JAWA TIMUR,
cities Probolinggo,
animals Sapi,