Sempat Vakum karena Pandemi, Pameran Teknologi Kaca Terbesar di Dunia Siap Digelar di Düsseldorf

  • 31 Mei 2022 21:06:07
  • Views: 9

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pameran industri kaca terbesar di dunia Glasstec akan kembali digelar setelah vakum selama 4 tahun akibat pandemi Covid-19 yang akan berlangsung di Düsseldorf, Jerman, mulai 20 hingga 23 September 2022.

Glasstec menghadirkan rangkaian pameran dengan berbagai topik yang berkaitan dengan produksi kaca dan teknologi manufaktur, pemrosesan kaca dan finishingnya untuk berbagai produk kaca serta aplikasi.

Messe Düsseldorf Jerman selaku penyelenggara pameran mengajak para pelaku industri kaca Indonesia, memanfaatkan momentum glasstec untuk menguasai teknologi terkini di bidang kaca.

Selama vakum, Messe Düsseldorf menggali berbagai topik penting bagi pengembangan industri kaca di masa depan maupun bagi masyarakat secara keseluruhan.

Riset yang melibatkan para ahli industri kaca dari seluruh tataran rantai nilai telah mengidentifikasi lima tren global yakni iklim (pengurangan emisi dan energi terbarukan), urbanisasi (arsitektur yang tahan dengan kondisi masa depan yang didominasi kaca).

Baca juga: Pameran Replika Mobil Formula E di Bundaran HI, Warga: Sangat Keren!

Kemudian nilai (rantai nilai berkelanjutan), sumberdaya (penggunaan sumberdaya yang efisien dan berkelanjutan) dan kesejahteraan (meningkatnya kualitas hidup dengan penggunaan kaca).

“Kelima megatrend itu akan menjadi fokus pameran Glasstec. Artinya kita akan memberikan industri kaca spektrum solusi dan informasi masa depan yang inovatif dan unik serta peluang untuk memperluas jaringan mereka di dunia global kaca, ungkap Birgit Horn, Project Director dari glasstec, Messe Düsseldorf dalam keterangan persnya, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Pameran Digital Printing Terbesar di Indonesia Berlangsung di Surabaya

Pandemi tidak menurunkan antusiasme industri dunia untuk mengikuti pameran ini terlihat dari banyaknya perusahaan dan pelaku industri yang telah mendaftar sebegai peserta pameran.

“Ini merupakan sinyal positif yang ditunjukkan oleh industri kaca, mengingat acara terakhir merupakan acara paling berhasil yang kami selenggarakan di Düsseldorf, tambah Birgit Horn.

Baca juga: Mobil Buatan Indonesia AMMDes Tampil di Pameran Internasional

Salah satu tema yang menarik adalah teknologi power-to-x (P2X), teknologi produksi bahan bakar sintetik dan produk kimia komoditas dengan memanfaatkan energi terbarukan.

Teknologi ramah lingkungan ini membawa manfaat energi terbarukan lebih jauh, tak hanya sebagai sumber listrik, tapi juga ke dalam proses industri bahan bakar dan kimia.

“Di Indonesia pengembangan energi terbarukan masih berfokus pada dekarbonisasi industri kelistrikan.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/31/sempat-vakum-karena-pandemi-pameran-teknologi-kaca-terbesar-di-dunia-siap-digelar-di-dsseldorf

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/31/sempat-vakum-karena-pandemi-pameran-teknologi-kaca-terbesar-di-dunia-siap-digelar-di-dsseldorf
Tokoh

Graph

Extracted

topics Listrik,
fasums Bundaran HI,
nations Indonesia, Jerman,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Surabaya,
cases covid-19,