Bertemu Mendag Singapura, Menteri Bahlil Beberkan Alasan Batal Ekspor Listrik

  • 31 Mei 2022 20:59:11
  • Views: 10

Liputan6.com, Jakarta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia coba menjelaskan alasan pelarangan ekspor listrik yang berasal dari Energi Baru Terbarukan (EBT) ke Singapura kepada Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong.

Dalam pertemuan keduanya di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta pada Senin (30/5/2022) kemarin, Bahlil mengatakan, saat ini Pemerintah RI melakukan pelarangan ekspor listrik hijau guna mengutamakan kebutuhan dalam negeri.

Terkait pelarangan ekspor listrik. Memang sekarang kita lagi fokus untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dan Bapak Presiden sedang mendorong untuk meningkatkan penggunaan EBT. Namun saya kira bisa dibicarakan, selagi kita mendapatkan win-win solution, jelas Bahlil dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

Bahlil juga menyampaikan, Pemerintah RI saat ini fokus pada hilirisasi industri dan bagaimana memberikan nilai tambah bagi industri manufaktur. Terutama untuk komoditi mineral.

Menurut dia, Indonesia telah berhasil menghentikan ekspor ore nikel yang telah diinisiasinya sejak 2020 lalu. Disusul tahun ini untuk menghentikan ekspor bauksit dan timah pada 2023 mendatang.

Ini peluang bagi kita bersama dalam rangka hilirisasi. Belajar dari nikel, kita terlambat memulai sehingga dikalahkan oleh China. Tapi untuk bauksit dan timah, saya belum buka ke negara manapun. Kalau ini cocok, kita akan menjadi pemain dunia khususnya untuk timah, ungkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Masyarakat harus bersiap merogoh kantong lebih dalam terkait rencana kenaikan harga listrik dan BBM jenis pertalite. Langkah ini ditempuh sebagai upaya untuk hemat anggaran negara.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4975505/bertemu-mendag-singapura-menteri-bahlil-beberkan-alasan-batal-ekspor-listrik

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4975505/bertemu-mendag-singapura-menteri-bahlil-beberkan-alasan-batal-ekspor-listrik
Tokoh



Graph