Adopsi Tukik untuk Ekosistem Alam Berkelanjutan

  • 31 Mei 2022 20:18:14
  • Views: 6

JAKARTA, iNews.id - Tahu apa itu tukik dan bagaimana peranannya bagi ekosistem laut? Tukik merupakan bayi dari penyu, lalu penyu sendiri ialah binatang yang sudah hidup sejak lama.

Penyu memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa, sehingga membuatnya bisa bertahan hidup sampai saat ini. Walau begitu, ternyata hewan ini termasuk langka dan dilindungi.

Penyu langka bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu karena alam dan ulah tangan usil manusia. Hewan langka ini diburu untuk dijadikan souvenir dan dijual nantinya.

Khawatir akan hewan langka ini yang juga membantu menyeimbangkan ekosistem dan alam, BenihBaik menginisiasi sebuah program, yaitu Adopsi Tukik untuk Ekosistem Alam Berkelanjutan.

Ini merupakan program strategis dengan tujuan untuk memperluas upaya pelestarian alam lewat budidaya tukik, dan penyu sebagai penyeimbang ekosistem alam.

Dengan berdonasi mulai Rp10.000, TemanBaik dapat mengadopsi satu ekor tukik yang akan dilepasliarkan di laut. Dengan begitu, keberlanjutan ekosistem penyu sebagai penyeimbang lautan dapat terus berkembang.  

(Foto:
(Foto: Dok BenihBaik)

Nantinya, program tersebut akan berfokus kepada penggalangan dana publik. Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk membantu program konservasi tukik agar bisa berjalan secara terpadu dan berkelanjutan.

Adapun kegiatan yang akan dibantu melalui galang dana, seperti:

1. Edukasi relawan pencari telur dan penjaga penyu;

2. Pembangunan infrastruktur penetasan;

3. Pelepasliaran 10.000 tukik ke laut. 

Info menariknya, bagi TemanBaik yang berdonasi minimal Rp50.000, maka akan mendapatkan sertifikat sebagai wujud apresiasi.

Kemudian, juga dapat mengadaopsi satu ekor tukik yang akan dilepasliarkan di laut, sehingga peran tukik sebagai penyeimbang ekosistem laut tetap berkelanjutan.

Yuk, kita ikut menjaga ekosistem dengan mengadopsi tukik, caranya klik “Donasi Sekarang, lalu isi nominal donasi.

Setelah itu, pilih metode pembayaran. Jika ingin lebih praktis kamu bisa berdonasi dengan OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Sakuku, BRI E-Pay, dan BCA Klik-Pay, atau bisa juga berdonasi dengan cara transfer antar bank (BRI, Mandiri, BCA, BNI).

(CM)

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel:




https://www.inews.id/news/nasional/adopsi-tukik-untuk-ekosistem-alam-berkelanjutan

Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/adopsi-tukik-untuk-ekosistem-alam-berkelanjutan
Tokoh

Graph