Banjir Rob di Pantura, Badan Geologi: Ada Penurunan Permukaan Tanah

  • 31 Mei 2022 19:52:42
  • Views: 13

Selasa, 31 Mei 2022 - 18:26 WIB

VIVA – Banjir rob melanda sejumlah daerah di pesisir utara Jawa Tengah sejak pekan lalu. Banjir rob ini melanda Pantai Utara (Pantura), khususnya Semarang, Demak, Kota Pekalongan, Rembang, dan Brebes.

Badan Geologi melalui Badan Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan Kementerian ESDM menyampaikan, salah satu penyebab parahnya banjir rob yang melanda pantura itu adalah penurunan permukaan tanah akibat pembangunan.

Hal ini dijelaskan oleh Sekretaris Badan Geologi yang juga Kepala Badan Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan, Ediar Usman, dalam Konferensi Pers Badan Geologi yang berlangsung secara virtual, pada Selasa, 31 Mei 2022.

Kondisi banjir rob yang terjadi di Pantura Jawa terutama di Semarang, Demak, Kota Pekalongan, Rembang, dan Brebes telah merendam kawasan pantai bahkan sudah masuk ke kawasan permukiman. Kawasan permukiman yang padat penduduk, kata Ediar.

Jadi, bukan hanya banjir di kawasan pantainya, melainkan juga ini juga sudah menggenangi kawasan-kawasan atau permukiman yang padat dengan penduduknya, sambungnya.

Banjir

Banjir air rob masih menggenangi Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas.

Ediar menjelaskan, bahwa penyebab kondisi tanah mengalami penurunan itu dikarenakan faktor alamiah material mengalami pemadatan lantaran terdapat beban besar di atas tanah.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1480329-banjir-rob-di-pantura-badan-geologi-ada-penurunan-permukaan-tanah?terbaru=4

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1480329-banjir-rob-di-pantura-badan-geologi-ada-penurunan-permukaan-tanah?terbaru=4
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kementerian ESDM,
topics Banjir, Banjir ob,
products emas,
places JAWA TENGAH,
cities Brebes, Demak, Pekalongan, Rembang, Semarang,