Menkes: Indonesia Tak Bisa Putuskan Sendiri Covid-19 Sudah Menjadi Endemi

  • 31 Mei 2022 19:06:40
  • Views: 11


Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan terkait masa transisi kondisi Covid-19 di Indonesia dari pandemi untuk menjadi pandemi, yang disampaikan usai mengikuti Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (31/5).

Ini pandemi global, Indonesia tidak bisa mengambil keputusan sendiri mengenai ini sudah menjadi endemi, ujar Budi dalam jumpa pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.


Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjelaskan, terdapat beberapa pertimbangan dalam memutuskan transisi pandemi menuju endemi. Salah satunya adalah kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Budi menekankan, pemerintah secara bertahap akan memindahkan tanggung jawab menjaga kesehatan ke masing-masing individu.

Kalau itu sudah berhasil, masyarakat sudah paham, sudah teredukasi dengan baik, sudah memahami bagaimana protokol kesehatan seharusnya, sudah memiliki judgement kapan mesti melakukan apa, itu adalah ciri-ciri penyakit yang sudah menjadi endemi, tuturnya.

Selain itu, Budi juga mengusulkan tiga faktor transmisi komunitas yang harus dipenuhi sebelum memutuskan transisi pandemi menuju endemi, dan harus dipenuhi selama tiga bulan berturut-turut.

Faktor pertama adalah dengan melihat jumlah kasus yang masuk rumah sakit dan berapa yang meninggal per 100 ribu orang yang terinfeksi.

Kedua, vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 70 persen dan angka laju penularan sudah berada di bawah 1 persen.

Kemudian yang ketiga, Budi menyebutkan bahwa transisi dari pandemi menuju endemi tidak hanya berdasarkan pertimbangan sektor kesehatan, tetapi juga ekonomi, sosial, dan politik.

Tidak hanya 100 persen pertimbangannya kesehatan. Ada pertimbangan ekonominya, ada pertimbangan sosialnya, ada pertimbangan politiknya, sehingga kepala negara, kalau itu levelnya negara atau kumpulan dari kepala-kepala negara, kalau sifatnya global mengambil keputusan itu, demikian Budi.


https://politik.rmol.id/read/2022/05/31/535457/menkes-indonesia-tak-bisa-putuskan-sendiri-covid-19-sudah-menjadi-endemi

Sumber: https://politik.rmol.id/read/2022/05/31/535457/menkes-indonesia-tak-bisa-putuskan-sendiri-covid-19-sudah-menjadi-endemi
Tokoh





Graph

Extracted

persons Budi Gunadi Sadikin, joko widodo,
companies ADA, YouTube,
ministries Kemenkes,
topics Protokol Kesehatan,
events vaksinasi,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,