Cek Daftar Vaksin Covid-19 Halal, Direstui MUI dan Kemenag

  • 31 Mei 2022 18:07:46
  • Views: 21

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito membeberkan vaksin Covid-19 apa saja yang sudah memperoleh sertifikat halal di Indonesia.

Daftar vaksin Covid-19 yang telah memperoleh sertifikat halal ada Sinovac-Coronavac, Biofarma vaksin Covid-19, Zifivax, ujar Penny dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Selasa (31/5/2022).

Lebih lanjut, ada vaksin Merah Putih yang saat ini sedang melakukan proses uji klinis fase kedua dan dalam bulan Juni ini akan memasuki uji klinis fase ketiga.

Masih report fase 2 sedang dalam proses finalisasi minggu ini, saya rasa minggu depan sudah masuk uji klinis fase 3, ungkapnya.

Kemudian juga vaksin mRNA Etana yang dikabarkan sudah selesai melakukan uji klinis fase ketiga. Ini adalah vaksin mRNA yang diproyeksikan halal pertama, imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa sertifikasi halal ini diserahkan kepada pihak MUI dan Kementerian Agama. BPOM, tuturnya, berperan memberikan dukungan pengujian halal produk. Dan dalam memberikan data mutu dan mencantumkan kandungan mutu.

DaftarFoto: dok CNBC
Daftar Vaksin Halal

Kami perlu sampaikan titik kritis pada penyiaran sertifikat vaksin halal dikaitkan dengan bahan baku mulai dari bahan awal, bahan kemas dalam seluruh pembuatan, juga seluruh produksi yang kontak dengan bahan dan produk harus dijamin bebas dari bahan yang tidak halal. Jika dipenuhi baru akan diberikan oleh pihak MUI dan Kementerian Agama dalam hal ini. pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Omicron Mengintai, Ini Alasan Kamu Segera Vaksin Covid-19


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220531155009-37-343274/cek-daftar-vaksin-covid-19-halal-direstui-mui-dan-kemenag

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220531155009-37-343274/cek-daftar-vaksin-covid-19-halal-direstui-mui-dan-kemenag
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhammad,
companies ADA, Biofarma, Sinovac,
ministries BPOM, DPR RI, Kemenag, Komisi IX DPR RI,
bumns PT Biofarma,
institutions MUI,
topics Omicron, Vaksin Corona,
products vaksin, Vaksin Merah Putih,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Jati, Kramat, Kramat Jati,
cases covid-19,
brands Coronavac, Zifivax,
musicclubs APRIL,