Hari Raya Kurban Saat Wabah PMK, MUI Minta Pemerintah Jamin Kesehatan Hewan

  • 31 Mei 2022 18:07:51
  • Views: 7

 IDXChannel - Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh meminta Pemerintah untuk menjamin ketersediaan hewan  yang sehat untuk kepentingan ibadah kurban bagi masyarakat ketika ada kondisi wabah penyakit mulut dan kuku.

Hal itu disampaikan Niam saat menyampaikan Fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 tentang Hukum dan Panduan Pelaksanaan Ibadah Kurban Saat Kondisi Wabah PMK, di Kantor MUI, Selasa 31/5/2022. 

Pemerintah wajib menjamin ketersediaan hewan kurban yang sehat dan memenuhi syarat untuk dijadikan kurban bagi masyarakat muslim. Namun, bersamaan dengan itu Pemerintah wajib melakukan langkah pencegahan agar wabah PMK dapat dikendalikan dan tidak meluas penularannya, ujar doktor bidang hukum Islam ini saat menyampaikan fatwa MUI Nomor 32/2022 di Kantor MUI Jakarta, Selasa 31/5/2022. 

Di samping itu, Pemerintah wajib memberikan pendampingan dalam penyediaan, penjualan, dan pemeliharaan hewan kurban untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan hewan kurban. 

Untuk menjaga keamanan dan keteryiban dalam pelaksanaan kurban, MUI juga meminta Pemerintah  mendukung ketersediaan sarana prasarana untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban melalui rumah potong hewan (RPH) sesuai dengan fatwa MUI tentang standar penyembelihan halal agar penyebaran virus PMK dapat dicegah semaksimal mungkin.  


https://www.idxchannel.com/syariah/hari-raya-kurban-saat-wabah-pmk-mui-minta-pemerintah-jamin-kesehatan-hewan

Sumber: https://www.idxchannel.com/syariah/hari-raya-kurban-saat-wabah-pmk-mui-minta-pemerintah-jamin-kesehatan-hewan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Asrorun Niam Sholeh,
companies ADA, MNC,
institutions MUI,
religions Islam,
products fatwa MUI, Hewan kurban, Syariah,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,