Bahas Ketenagakerjaan, Delegasi Tripartit Indonesia Akan Hadiri ILC ke-110 di Swiss

  • 31 Mei 2022 18:01:36
  • Views: 13

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Delegasi Indonesia akan mengikuti Konferensi Ketenagakerjaan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-110. Sidang Pleno akan dilaksanakan pada 6 Juni sampai dengan 11 Juni 2022 secara hybrid, di mana Sidang Pleno akan dihadiri langsung oleh anggota-anggota ILO secara terbatas di Jenewa, Swiss, dan sisanya akan mengikuti melalui sambungan video. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, sejak pandemi Covid-19, penyelenggaraan ILC dilakukan secara virtual, namun untuk tahun ini dan seiring kondisi pandemi yang membaik, maka ILC diselenggarakan secara hybrid dengan pembatasan jumlah kehadiran fisik delegasi. 

“Untuk itu dapat kami sampaikan bahwa pada ILC ke-110 ini, rencananya Ibu Menteri akan hadir secara fisik. Beliau diagendakan akan menyampaikan pernyataan nasional Indonesia pada sesi pleno, kata Anwar dalam siaran pers, Selasa (31/5).

Baca Juga: Labour 20 Sarana Dongkrak Kesejahteraan Pekerja

Anwar mengatakan, ILC merupakan pertemuan rutin dan forum tertinggi Organisasi Ketenagakerjaan Internasional (ILO), yang menetapkan kebijakan internasional mengenai ketenagakerjaan dan diselenggarakan setiap tahun sekali di Jenewa, Swiss.

Pertemuaan ILC dihadiri oleh perwakilan tripartit (perwakilan pemerintah, pengusaha, dan pekerja/buruh) dari seluruh negara anggota ILO, yang saat ini berjumlah sebanyak 187 negara anggota. 

Anwar menjelaskan, agenda pertemuan ILC terbagi menjadi agenda tetap yang terdiri dari Laporan Ketua Governing Body (GB) ILO dan Dirjen ILO; Pembahasan usulan program dan anggaran ILO; serta Informasi dan laporan mengenai Konvensi dan Rekomendasi.

Untuk tahun ini, pertemuan ILC memasuki sesi ke-110, dimana rangkaian pertemuan terdiri dari sesi pleno, serangkaian pertemuan komite, group, GB ke-344 bis Session dan GB ke-345. 

Baca Juga: Kemnaker terus matangkan pesiapan Presidensi G20 Indonesia bidang Ketenagakerjaan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Editor: Noverius Laoli


https://nasional.kontan.co.id/news/bahas-ketenagakerjaan-delegasi-tripartit-indonesia-akan-hadiri-ilc-ke-110-di-swiss

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/bahas-ketenagakerjaan-delegasi-tripartit-indonesia-akan-hadiri-ilc-ke-110-di-swiss
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anwar Sanusi,
ministries Kemnaker,
ngos ILO,
topics Buruh, Presidensi G20 Indonesia,
nations Indonesia, Swiss,
cases covid-19,