Enam Destinasi Wisata Danau Favorit di Indonesia, Terjauh Sentani di Papua

  • 31 Mei 2022 17:06:44
  • Views: 6

IDXChannel - Membahas keindahan alam Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia secara natural memiliki berbagai spot yang menawarkan keindahan alam yang memikat, seperti pantai, gunung, hutan dan danau.

Tak hanya pantai dan gunung seperti yang telah banyak dikunjungi wisatawan, keindahan alam berupa danau juga dapat dijadikan pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi. 

Karena itu, kali ini IDXChannel bakal membahas lebih jauh tentang spot-spot danau yang terkenal indah di Indonesia. dikutip dari program 1st Session Closing IDX Channel, Selasa (31/05/2022), berikut ini sebagian destinasi wisata danau yang menyajikan keindahan alam Indonesia:

1. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan danau yang terbentuk dari kawah vulkanis Gunung Kelimutu yang berada di wilayah Desa Pemo, Ende Flores. 

Keunikan danau ini adalah warna danau yang dapat berubah akibat kandungan mineral di dalamnya sehingga dikenal sebagai danau tiga warna.

Berada di ketinggian 1800 di atas permukaan laut, Ada dua cara untuk bisa sampai ke puncak Gunung Kelimutu. Pertama, berjalan lewat jalur trekking dan cara kedua termudah dengan naik kendaraan khusus yang bisa disewa.


2. Danau Toba 

Danau ini termasuk danau terluas di Indonesia. Dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer serta kedalaman 505 meter.

Keunikan Danau Toba ini adanya Pulau Samosir di tengah danau. Banyak hiburan dan atraksi di Pulau Samosir, mulai dari berkayak, flying fox, hingga wisata kuliner. Sama seperti Danau Kelimutu, Danau Toba terbentuk akibat letusan Gunung Toba yang dahsyat di masa purba.

3. Danau Poso

Danau Poso terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Selatan. Dengan panjang 32 km dan lebar 16 km, danau ini merupakan Danu terbesar ke tiga di Indonesia.

Danau Poso memiliki keunikan karena tepian danau dikelilingi oleh pasir putih sehingga membuatnya tampak seperti pantai pasir putih yang sejuk.

Tidak hanya itu Anda bisa menjelajah danau tersebut menggunakan perahu motor sambil menikmati kegiatan masyarakat setempat yang sedang memancing, menjala ikan dan budi daya ikan.

Anda juga bisa mengunjungi wisata alam tempat konservasi anggrek terbesar di indonesia yaitu wisata alam bancean yang berada di dekat danau.

4. Danau Labuan Cermin 

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 

Danau ini dikatakan Muluan Cermin karena airnya sangat jernih seperti cermin. Keunikan danau ini adalah airnya memiliki dua rasa yakni asin dan tawar.

Kegiatan yang bisa kalian lakukan di danau tersebut yaitu  berenang sambil snorkeling karena kedalaman danau yang hanya lima meter.

5.Danau Sentani 

Terletak 50 kilometer dari Kota Jayapura, Danau Sentani memiliki luas 9.000 hektar dengan panorama yang indah. 

Jika ingin melihat pemandangan di Danau Sentani, para pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau. Apabila  berkunjung pada bulan juli maka Anda juga dapat menikmati festival pertunjukan adat Papua.


6. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan  danau yang berada kawah Gunung Rinjani, tepatnya berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Nama Segara Anak diberikan karena airnya yang berwarna biru mengingatkan pada warna air laut.

Selain sebagai objek wisata tambahan di Gunung Rinjani, danau ini biasanya digunakan sebagai tempat beristirahat bagi para pendaki yang akan melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Rinjani.

Di sekitar danau ini terdapat sumber air panas yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Ada juga sebuah pohon yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Katanya, dengan perantara pohon ini keinginan yang Anda impikan dapat terkabul. (TSA/Tirta)


https://www.idxchannel.com/milenomic/enam-destinasi-wisata-danau-favorit-di-indonesia-terjauh-sentani-di-papua

Sumber: https://www.idxchannel.com/milenomic/enam-destinasi-wisata-danau-favorit-di-indonesia-terjauh-sentani-di-papua
Tokoh

Graph