Kinerja Dana Kelolaan Reksadana Turun Sejak Awal 2022, Ternyata Ini Penyebabnya

  • 31 Mei 2022 17:07:56
  • Views: 5

IDXChannel - Dana Kelolaan industri reksadana kembali mengalami penurunan pada April, bahkan sejak awal tahun 2022.

Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dana kelolaan (asset under management/AUM) reksadana pada bulan April mencapai Rp566,44 triliun. Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 0,31 persen dari bulan sebelumnya yang mencapai Rp568,19 triliun.

Jika dilihat dari masing-masing jenis Reksadana, sepanjang April 2022 pergerakan dana kelolaan cukup beragam. Reksadana berbasis sukuk tercatat menjadi pemimpin dengan pertumbuhan dana kelolaan 11,18 persen dari bulan Maret Rp3,31 triliun menjadi Rp3,68 triliun pada bulan April.

Disusul oleh reksadana indeks yang mengalami kenaikan AUM menjadi Rp9,48 triliun dari Rp9,04 triliun. Kemudian reksadana saham turut mengalami kenaikan dana kelolaan Rp4,82 triliun atau tumbuh 3,87 persen.

Namun, sejumlah reksadana mencatatkan penurunan pada April 2022 seperti reksadana Exchange Traded Fund (ETF) yang menyusut sebesar 5,87 persen menjadi Rp14,74 triliun.

Menyusul reksadana campuran yang juga mengalami penurunan AUM 3,28 persen menjadi Rp26,25 triliun atau terkoreksi 1,31 persen dari bulan sebelumnya.

Vice President Infovesta Utama, Wawan Hendrawan mengatakan, ada beberapa industri yang mengalami penurunan dana kelolaan, yang pertama adalah pendapatan tetap.

ini terkait oleh tren kenaikan suku bunga di Amerika serikat yang membuat investor khawatir sehingga mereka melakukan penjualan pada obligasi-obligasi, jelas Wawan dalam program Market Review di IDX Channel, Selasa (31/5/2022).

Wawan menambahkan yang kedua adalah pasar uang yang sedikit mengalami penurunan.

Kalau pasar uang saya melihatnya adalah antisipasi karena pada awal Mei kan itu adalah awal libur panjang lebaran jadi wajar sekali kalau terjadi masyarakat yang membutuhkan dana liquid itu mencairkan dulu yang pasar uang, ujarnya.

Dia juga mengungkapkan reksadana yang mengalami tren penurunan merupakan Reksadana yang dalam bentuk mata uang dolar Amerika Serikat, salah satu faktornya adalah karena kinerja saham global yang sedang mengalami penurunan. 

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/kinerja-dana-kelolaan-reksadana-turun-sejak-awal-2022-ternyata-ini-penyebabnya

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/kinerja-dana-kelolaan-reksadana-turun-sejak-awal-2022-ternyata-ini-penyebabnya
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana, MNC,
ministries OJK,
products Reksadana,
nations Amerika Serikat,
musicclubs APRIL,