Uni Eropa Akhirnya Sepakati Larangan Impor Minyak Rusia

  • 31 Mei 2022 16:58:34
  • Views: 14

Liputan6.com, Jakarta - Uni Eropa telah menyetujui larangan parsial terhadap impor minyak dari Rusia - langkah besar lainnya dalam kecaman tehadap invasi di Ukraina. Pelarangan impor minyak Rusia ke Eropa diumumkan oleh kepala Dewan Eropa Charles Michel.

Perjanjian untuk melarang ekspor minyak Rusia ke UE. Ini segera mencakup lebih dari 2/3 impor minyak dari Rusia, memotong sumber pembiayaan yang sangat besar untuk mesin perangnya, ujar Michel dalam sebuah postingan  di Twitter pada Senin malam, dikutip dari CNN Business, Selasa (31/5/2022).

Paket sanksi ini mencakup tindakan keras lainnya: menghapus Swift bank terbesar Rusia Sberbank, melarang 3 lagi lembaga penyiaran milik negara Rusia, dan memberikan sanksi kepada individu yang bertanggung jawab atas kejahatan perang di Ukraina, tambah Michel.

Pengumuman oleh Michel mengikuti pertemuan puncak Dewan Eropa yang dihadiri oleh para pemimpin UE di Brussels untuk membahas paket keenam sanksi terhadap Rusia.

Uni Eropa setuju untuk melarang 90 persen impor minyak Rusia pada akhir tahun ini, beber para pemimpin Dewan Eropa.

Minyak Rusia yang dikirim oleh kapal tanker juga akan dilarang, sementara pengecualian akan dibuat untuk segmen selatan pipa Druzhba, kata presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen dalam konferensi pers.

Von der Leyen mengatakan pengecualian akan dibuat untuk segmen selatan, yang menyumbang 10 persen dari impor minyak Rusia.

“Karena kami memiliki pernyataan politik yang jelas oleh Polandia dan Jerman bahwa mereka akan, seperti yang lain, mengurangi minyak Rusia, hingga akhir tahun. Kami telah menutupi keseluruhan 90 persen dari minyak Rusia yang diturunkan selama jangka waktu ini. Sisa adalah bundaran 10 atau 11 persen yang ditutupi oleh Druzhba selatan. Kami telah sepakat saat ini untuk pengecualian, jelas von der Leyen.

Harga bensin yang sudah naik bersamaan lonjakan harga kebutuhan lain di AS, akhirnya kembali semakin mahal akibat ketegangan AS dengan Rusia menyikapi Ukraina. Rusia adalah produsen sekitar 10% pasokan minyak dunia, sehingga dampak apapun akibat konl...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4975174/uni-eropa-akhirnya-sepakati-larangan-impor-minyak-rusia

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4975174/uni-eropa-akhirnya-sepakati-larangan-impor-minyak-rusia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Charles Michel,
companies Sberbank, Twitter,
topics ekspor,
nations Jerman, Polandia, Rusia, Ukraina, Uni Eropa,
places DKI Jakarta,