Menparekraf Dorong Sineas Hidupkan Dunia Perfilman, Bangkitkan Ekonomi

  • 31 Mei 2022 16:53:15
  • Views: 9

JawaPos.com – Menghadapi tantangan menuju ekonomi baru pasca pandemi Covid-19, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, terus berupaya agar para film maker, khususnya sineas muda daerah terpacu berkarya dan menghidupkan ekosistem perfilman dengan mengadakan SIARAN (Sineas Tukar Pikiran). SIARAN adalah sebuah paguyuban virtual hasil kolaborasi antara Family Sunday Movie (FSM) dengan Indonesian Film Community Network (IFCN) yang menjadi tempat berkumpulnya para sineas muda untuk bertukar pikiran, berbagi ilmu, pengalaman, dan belajar bersama.

Melalui forum ini, Sandiaga berharap para sineas muda di seluruh Indonesia dapat saling terhubung, memperluas jaringan, semakin menambah wawasan, dan termotivasi untuk terus membuat karya film yang berkualitas serta berdaya saing. Dengan begitu, kesempatan untuk membangkitkan ekonomi dan lapangan kerja melalui sektor ekonomi kreatif akan semakin terbuka luas.

“Selain menjadi ajang silaturahmi, harapan saya paguyuban virtual ini menjadi tempat bertukar pikiran para sineas dari berbagai komunitas di seluruh Indonesia. Dari sini muncul pemikiran-pemikiran hebat yang akan memotivasi para sineas muda untuk terus berkarya dan berpartisipasi dalam upaya membangkitkan ekonomi, serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya, ungkap Sandiaga.

Sandiaga juga mengaku senang, forum ini menjadi salah satu kegiatan yang tepat sasaran dan tepat manfaat. “Aspek kebermanfaatannya langsung bisa dirasakan oleh teman-teman komunitas, ujarnya.

Hal itu diungkapkan Sandiaga setelah melihat komentar Sri, salah satu peserta asal Jogjakarta yang termotivasi dengan adanya forum ini. “Dua kali submit FSM masih gagal terus, udah mau nyerah kemaren, enggak mau ikutan lagi, tapi malam ini termotivasi dengan cerita teman-teman di sini. Thank you panitia yang sudah memfasilitasi acara malam ini, kata Sri.

Hal serupa juga disampaikan Hermanto, peserta lain yang merasakan manfaat SIARAN. “Bermanfaat acara ini, untuk menambah pengetahuan dalam dunia perfilman, terangnya.


https://www.jawapos.com/ekonomi/31/05/2022/menparekraf-dorong-sineas-hidupkan-dunia-perfilman-bangkitkan-ekonomi/

Sumber: https://www.jawapos.com/ekonomi/31/05/2022/menparekraf-dorong-sineas-hidupkan-dunia-perfilman-bangkitkan-ekonomi/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Hermanto, Sandiaga Uno,
ministries kemenparekraf,
parties Berkarya,
nations Indonesia,
cases covid-19,