Tsunami PHK, Tawaran Gaji Startup Tak Lagi Selangit?

  • 31 Mei 2022 16:07:48
  • Views: 3

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan rintisan atau startup disebut bakal lebih berhati-hati lagi dalam hal merekrut karyawan dan gaji yang diberikan. Hal ini dilakukan di tengah badai pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawan yang marak terjadi di startup.

Soal gaji, mungkin dengan beberapa layoff belakangan ini startup-startup itu sudah mulai hati-hati, enggak jorjoran lagi menawarkan gaji tinggi, ujar Director Plug and Play Indonesia, Wesley Harjono, kepada CNBC Indonesia, Selasa (31/5/2022).

Meskipun demikian para startup akan tetap melakukan pencarian talent bagi perusahaannya. Sebab budaya startup adalah bertumbuh dengan cepat. Salah satu caranya dengan merekrut karyawan yang ahli di bidangnya.

Hanya saja hiring yang dilakukan akan sedikit lambat, karena perusahaan butuh waktu untuk melihat apakah di organisasi mereka sudah cukup efisien dengan karyawan yang ada.

Jadi hiring nya akan sedikit lambat tapi bukan berarti enggak ada sama sekali, setiap hari ada startup yang muncul di Indonesia, tuturnya.

Inovasi yang diberikan tidak akan berhenti hanya karena kejadian banyaknya PHK yang ada saat ini. Justru startup baru akan bermunculan dan kesalahan yang dibuat pendahulunya bisa menjadi pelajaran bagi mereka.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para startup, menurut Wesley, yakni mereka terlalu agresif dalam melakukan hiring sehingga tidak terlebih dulu mengatur strategi di awal.

Pihak manajemen, lanjutnya, merasa dengan merekrut banyak orang akan berpengaruh pada perkembangan mereka.

Mungkin dari sisi manajemen juga merasa aggressively hiring equal to rapid growth. Padahal kan sebenarnya enggak necessary aggressively hiring itu equal to rapid growth, pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Badai PHK Startup Silicon Valley Mulai Masuk Indonesia?


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220531132046-37-343218/tsunami-phk-tawaran-gaji-startup-tak-lagi-selangit

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220531132046-37-343218/tsunami-phk-tawaran-gaji-startup-tak-lagi-selangit
Tokoh





Graph

Extracted

persons Badai, Harjono,
companies ADA,
topics Tsunami,
products startup,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases PHK,