Kapan Sidang Pertama BPUPKI? Begini Hasilnya yang Menjadi Sejarah Hari Lahir Pancasila

  • 31 Mei 2022 14:48:27
  • Views: 6

Suara.com - Hari Lahir Pancasila 2022 akan diperingati besok Rabu, 1 Juni 2022. Sejarah Hari Lahir Pancasila ini berkaitan dengan sidang pertama BPUPKI.

Kapan sidang pertama BPUPKI? Lalu seperti apa hasil sidang pertama BPUPKI tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan atau BPUPKI dibentuk oleh pemerintah Jepang, ketika masa penjajahan di Indonesia, tepatnya pada tanggal 29 April 1945.

Tugas BPUPKI yaitu memberikan bantuan dan dukungan proses kemerdekaan Indonesia. Tujuan dibentuknya BPUPKI ini juga untuk mempelajari dan menyelidiki hal yang berhubungan dengan pembentukan negara Indonesia.

Baca Juga: Cerita Miris Rumah Achmad Soebardjo, Tokoh Bangsa Kelahiran Karawang yang Ikut Rumuskan Pancasila

Latar belakang pembentukan BPUPKI ini dimuat di dalam Maklumat Gunseikan Nomor 23 tanggal 29 Mei 1945. Penyebab pembentuan BPUPKI adalah karena kedudukan semakin terancam oleh sekutu. Tujuan lainnya adalah karena Jepang ingin memikat hati rakyat Indonesia untuk mempertahankan kekuasaan. 

Mengutip dari laman kemdikbud.go.id, upacara peresmian BPUPKI dilakukan pada tanggal 28 Mei 1945, bertempat di gedung gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon (Sekarang gedung Departemen Luar Negeri), Jakarta. Sidang BPUPKI berlangsung selama dua kali, di mana dalam sidang tersebut, membahas tentang rumusan dasar negara, pembentukan PPKI, sampai membahas mengenai rancangan UUD. 

Bagaimana susunan organisasi BPUPKI

Dalam bahasa Jepang, BPUPKI disebut sebagai Dokuritsu Junbii Chosakai. BPUPKI berjumlah 62 orang yang diketuai oleh Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat, dengan wakil ketuanya adalah Raden Pandji Soeroso dan perwakilan Jepang, Ichibangase Yosio. Sedangkan kepala sekretariat adalah Toyohito Masuda dan Mr AG Pringgodigdo.

Sidang BPUPKI berlangsung selama dua kali yang melahirkan panitia sembilan yang bertugas untuk memeriksan usul yang masuk dan menentukan kebulatan pendapat. 

Baca Juga: Sederet Ucapan Hari Lahir Pancasila 2022, Cocok untuk Update Status WA!

Berikut ini adalah susunan Organisasi Panitia Sembilan:


https://www.suara.com/news/2022/05/31/142629/kapan-sidang-pertama-bpupki-begini-hasilnya-yang-menjadi-sejarah-hari-lahir-pancasila

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/31/142629/kapan-sidang-pertama-bpupki-begini-hasilnya-yang-menjadi-sejarah-hari-lahir-pancasila
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kemdikbud,
organizations BPUPKI, PPKI,
events Hari Pancasila,
products Pancasila,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Karawang,
musicclubs APRIL,