Bambang Pacul Tegaskan Koalisi PDIP Ditentukan Megawati

  • 31 Mei 2022 14:24:27
  • Views: 5

Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) hingga kini masih belum menentukan koalisi menuju kontestasi Pilpres 2024. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menyinggung Gerindra dan PKS kala berbicara soal peta koalisi PDIP.

Bambang mulanya mengatakan pembicaraan soal koalisi PDIP terpusat di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Begitu pula soal pengusungan capres dan cawapres.

Untuk capres dan cawapres yang mendatang itu yang menentukan ketua umum. Berarti koalisi-koalisi yang akan dibentuk, siapa yang menentukan itu, ya ketua umum. Lobi-lobi di tingkat kepartaian itu, ketua umum, kata Bambang kepada wartawan, Selasa (31/5/2022).

Bambang melanjutkan, dalam sebuah kerja sama politik praktis, perlu ada kecocokan elemen antarpihak. Salah satunya perlu memiliki hubungan yang baik.

Kerja sama dalam sebuah politik itu tentu harus ada elemen yang nyambung walaupun tujuannya menang capres, maka kerja samanya tentu sebaiknya rata-rata ada unsur yang nyambung, ujarnya.

Apakah punya relasi hubungan yang baik. Kalau aku bekerja sama dengan orang yang hubungannya nggak baik, apakah bisa, kan agak susah. (Hubungan baik) dalam sepanjang perjalanan politik, imbuh dia.

Saat membicarakan kecocokan itu pula dia mengungkit hubungan PDIP dengan Gerindra dan PKS. Dia berumpama jika PDIP berkoalisi dengan PKS. Menurutnya, hal itu agak sulit diwujudkan.

Anggaplah, misalnya, apakah kemungkinan bisa terjadi koalisi antara PDIP dan PKS. Bisa tapi kecil, katanya.

Berbeda halnya jika PDIP berkoalisi dengan Gerindra. Menurutnya, hal itu lebih mudah dilakukan lantaran kedua ketumnya sudah saling kenal dan pernah bekerja sama.

Lebih mudah berkoalisi dengan PKS atau Gerindra, pasti lebih mudah dengan Gerindra. Di samping komandannya sudah sama-sama kenal, pernah bekerja sama, sehingga ada kesejarahan, ujar dia.

(fca/gbr)

https://news.detik.com/berita/d-6103707/bambang-pacul-tegaskan-koalisi-pdip-ditentukan-megawati

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6103707/bambang-pacul-tegaskan-koalisi-pdip-ditentukan-megawati
Tokoh





Graph

Extracted

persons Bambang Wuryanto, Megawati Soekarnoputri,
companies ADA,
parties Gerindra, PDIP, PKS,
topics Pilpres 2024,
places DKI Jakarta,