Jangan Panik, Ini 5 Tips Ampuh Kelola Utang

  • 31 Mei 2022 12:47:29
  • Views: 10

AKURAT.CO, Pada kondisi ekonomi yang tidak stabil akibat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tak sedikit kalangan masyarakat yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya, bahkan yang pokok sekalipun.

Hal ini membuat kebutuhan akan pinjaman dana menjadi semakin meningkat dan banyak dilakukan oleh masyarakat. Beberapa alternatif pinjaman dana yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya melalui aplikasi pinjaman online atau pinjol.

Sehingga, tidak sedikit masyarakat yang akhirnya terjerat utang aplikasi pinjaman online. Alhasil, mereka harus segera melunasi pinjaman agar tidak diteror para penagih utang. 

baca juga:

Jika itu yang kamu alami sekarang ini, sebaiknya waspadalah sebab ada hal-hal buruk yang nanti akan terjadi. Tapi jangan khawatir juga, sebab masih ada jalan keluarnya agar bisa bebas dari jeratan utang pinjaman online. Berikut ini tips kelola utang. 

1. Prioritaskan Utang

Saat sudah memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, maka kamu bertanggung jawab membayar tagihan setiap bulannya secara rutin hingga utang tersebut lunas. Untuk itu, tetapkan tagihan utang pada daftar bulanan yang diprioritaskan sehingga pembayaran tagihan bisa dilakukan setelah gajian dan terhindar dari kata “lupa bayar.

2. Hidup Hemat

Tak ada salahnya memenuhi keinginan belanja tas, sepatu, baju dan sebagainya. Tapi ingatlah kamu masih punya tanggung jawab melunasi utang pinjol. Alangkah baiknya, mulailah hidup berhemat dengan mengurangi pengeluaran uang yang secara berlebihan dan lebih mengutamakan bayar tagihan.

3. Kerja Sampingan


https://akurat.co/5-tips-ampuh-kelola-utang

Sumber: https://akurat.co/5-tips-ampuh-kelola-utang
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana,
products Pinjol,
cases covid-19,