Penyelenggara Klaim Trek Formula E Ancol Tak Akan Tergenang Saat Hujan

  • 31 Mei 2022 10:23:57
  • Views: 10

Jakarta -

Penyelenggara Formula E mengatakan drainase pada trek Formula E di Ancol, Jakarta, berfungsi dengan baik. Dengan begitu, bakal mencegah terjadinya genangan air yang mengganggu balapan.

Drainase ini dirancang baik sekali dan akan membuat air meresap cepat mengalir ke bawah sehingga tidak membuat genangan dan mengganggu balapan, kalian harus bangga dengan treknya. Ini fantastis sekali karena dirancang dengan sangat baik, kata Consultant Safety and Environment (HSE) FEO Richard Bate dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022).

Sedangkan dari sisi keamanan penonton, Bate menjelaskan pihaknya bakal menuntun semua orang untuk turun dari tribun. Menurutnya, langkah mitigasi yang disiapkan sama dengan MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu.

Proses ini sama seperti di acara lain, misalnya di Mandalika. Inti tak ada bedanya. Jadi, kami sudah sangat siap sekali, ujarnya.

Event Director FEO Gemma Serra mengatakan kondisi hujan ringan tak akan mengganggu jalannya pertandingan. Mengingat, trek Formula E memiliki banyak saluran air.

Dari sisi pertandingan kalau sekedar hujan biasa seperti yang terjadi belakangan ini, itu tak masalah bagi balapan, ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya bakal menghentikan sementara pertandingan apabila arena sirkuit Formula E dilanda hujan disertai badai petir dalam jangka waktu lama. Meski begitu, dia meyakini kecil kemungkinan Jakarta dilanda hujan ekstrem saat Formula E bergulir.

Lalu marshal balapan hingga pembalap melihat genangan air begitu banyak di trek maka balapan akan dihentikan sementara, jelasnya.

Hal ini kemungkinan besar tak terjadi mengingat hujan akhir-akhir ini cenderung tak mengancam balapan dan drainase pun sudah dirancang begitu baik, tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Atap tribun penonton sirkuit Formula E di Ancol sempat roboh akibat diterjang angin kencang. Penyelenggara memastikan perbaikan atap rampung pada Kamis pekan depan atau H-2 balapan.

Hari Kamis tadi disampaikan karena tiga hari untuk finishing, kata Vice Managing Director Formula E Gunung Kartiko kepada wartawan, Minggu (29/5/2022) .

Gunung memastikan kerusakan pada atap tribun tak mengganggu persiapan balapan Formula E secara keseluruhan. Nantinya penyelenggara tetap melanjutkan proses finalisasi sertifikasi atau homologasi.

(taa/aik)

https://news.detik.com/berita/d-6103224/penyelenggara-klaim-trek-formula-e-ancol-tak-akan-tergenang-saat-hujan

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6103224/penyelenggara-klaim-trek-formula-e-ancol-tak-akan-tergenang-saat-hujan
Tokoh









Graph

Extracted

persons Badai, Gunung Kartiko, Muhammad, Richard,
companies ADA,
events MotoGP,
fasums Taman Impian Jaya Ancol,
places DKI Jakarta,
cities Ancol, Gunung,