Dalami Kasus Korupsi Penyalahgunaan Fasilitas KITE, Kejagung Periksa 3 Saksi

  • 31 Mei 2022 08:10:11
  • Views: 16

Jakarta: Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) terus mengusut kasus dugaan korupsi terkait penyalahgunaan fasilitas kawasan berikat dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) di Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Emas pada 2015-2021. Penyelidikan dilakukan lewat memeriksa tiga kepala seksi.
 
Saksi-saksi yang diperiksa yaitu MY selaku Kepala Seksi Impor I pada Direktorat Teknis Kepabeanan, diperiksa terkait proses impor barang ke Kawasan Berikat PT HGI, kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulis, Senin, 30 Mei 2022.
 
Kemudian, MNEY selaku Kepala Seksi Penindakan II Kanwil DJBC Jawa Tengah & DIY Tahun 2017. Lalu, SWE selaku Kepala Seksi penyidikan dan BHP I Kanwil DJBC Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MNEY dan SWE diperiksa untuk dimintai keterangannya terkait pemberian suap dari tersangka LGH kepada tersangka H serta rekomendasi re-ekspor PT HGI, ungkap Ketut.
 
Baca: Pemufakatan Jahat Importir-Bea Cukai di Kawasan Berikat Didalami
 
Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan korupsi penyalahgunaan fasilitas kawasan berikat dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) pada Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Emas Tahun 2015-2021. Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.
 
Jajaran Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung telah menyita dan menyegel 19 kontainer berisi tekstil di Pelabuhan Tanjung Priok. Tekstil tersebut diimpor dari Tiongkok. Penyegelan dilakukan di lima lokasi.
 
Sebelumnya, penyelidikan kasus tersebut ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Kejagung memutuskan mengambilalih perkara ini di tingkat penyidikan karena melibatkan cakupan wilayah yang lebih besar.
 

(AZF)


https://www.medcom.id/nasional/hukum/3NOzMR2K-dalami-kasus-korupsi-penyalahgunaan-fasilitas-kite-kejagung-periksa-3-saksi

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/hukum/3NOzMR2K-dalami-kasus-korupsi-penyalahgunaan-fasilitas-kite-kejagung-periksa-3-saksi
Tokoh



Graph