BIN Resmikan 2 Fasilitas Teknologi Canggih, Smart Campus dan Medical Intelligence

  • 31 Mei 2022 06:08:55
  • Views: 52

Jakarta: Badan Intelijen Negara (BIN) meresmikan dua fasilitas canggih sekaligus melantik taruna mula angkatan 18 Asta Dasa Mahasura di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), pada Senin, 30 Mei 2022. Yaitu Medical Intelligence Wangsa Avatar BIN dan pengembangan smart campus Dr (HC) Ir Soekarno.
 
Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan peresmian pengembangan smart campus bisa dilihat dari lahan yang mencapai 15 hektare serta fasilitas teknologi canggih yang diterapkan. Terlebih, kata Budi, STIN tengah menuju one of leading intelligence universities in Asia tahun 2035.
 
Untuk mewujudkan hal tersebut, BIN membangun smart campus yang mengimplementasikan teknologi digital. Peresmian smart campus Dr (HC) Ir Soekarno juga sebagai salah satu bentuk implementasi kami. Di mana BIN dituntut bekerja lebih keras, smart, cepat, tepat, akurat, dan lebih kuat, ucap Budi dalam keterangannya, Senin, 30 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan di dalam smart campus terdapat smart class yang dilengkapi dengan smart board dan LED untuk presentasi pembelajaran. Kemudian, smart library yang memungkinkan proses peminjaman literatur tercatat secara digital dan bisa mengakses ratusan ribu e-book secara online termasuk di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan koleksi pribadi Kepala BIN.
 
Ada delapan laboratorium berteknologi terdepan, di antaranya laboratorium nuklir, bio molekuler, virtual chemical, siber, IT and Economic Intelligence, laboratorium bahasa dan simulator berbagai perangkat, serta intelligence drone.
 
Baca: Covid-19 Terus Melandai, BIN Tetap Gencarkan Vaksinasi di Riau
 
Teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI-artificial intelligence) diterapkan untuk efektivitas operasional maupun keamanan. Misalnya voice recognition dan face recognition yang memungkinkan pengoperasian berbagai perangkat termasuk lift serta pendeteksian pergerakan di lingkungan kampus. 
 
Kemudian, di gedung Medical Intelligence Wangsa Avatara, Pejaten, menandakan BIN berperan besar dalam aspek kesehatan. Adanya Medical Intelligence diyakini dapat mencegah kasus kesehatan di masa mendatang.
 

https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/MkMD9ojb-bin-resmikan-2-fasilitas-teknologi-canggih-smart-campus-dan-medical-intelligence

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/MkMD9ojb-bin-resmikan-2-fasilitas-teknologi-canggih-smart-campus-dan-medical-intelligence
Tokoh







Graph

Extracted

persons Budi Gunawan, Gunawan, Soekarno,
companies ADA,
ministries BIN,
institutions Sekolah Tinggi Intelijen Negara,
events vaksinasi,
fasums Perpustakaan Nasional,
products Artificial Intelligence,
places DKI Jakarta, RIAU,
cases covid-19,