Berkaca dari Kisah Eril yang Terseret Arus Sungai, Sandiaga Uno Tingkatkan Keamanan di Lokasi Wisata

  • 31 Mei 2022 06:06:51
  • Views: 11

IDXChannel - Belum lama ini kabar tak mengenakan dari keluarga Ridwan Kamil. Sebab anak pertamanya, Eril mengalami musibah terseret arus Sungai Aare di Swiss. Kala itu Eril tengah berenang bersama adik dan temannya pada 26 Mei 2022 lalu.

Usai ingin baik ke daratan, Eril justru terseret arus sungai yang cukup deras. Memasuki hari keempat, tim SAR masih terus melakukan pencarian.

Berkaca dari kejadian yang dialami Eril, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menerapkan standar keselamatan untuk wisatawan. Menurutnya, Swiss adalah negara yang sangat maju dari segi pariwisata dan ekonomi kreatif. Dari Swiss, Indonesia bisa belajar untuk terus meningkatkan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability.

“Harus tersedia layanan keamanan. Setiap destinasi harus memiliki sistem untuk mengidentifikasi kebutuhan pengunjung dari segi keamanan, kesehatan dan destinasi wisata di Indonesia juga harus menginspeksi, ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (30/5/2022).

Sandiaga memiliki rencana pada Juni mendatang untuk mulai melakukan inspeksi rutin terhadap pariwisata yang dapat diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan terhadap pedoman-pedoman destinasi wisata berkelanjutan.

Dalam instrument Permenparekraf No. 9 Tahun 2021 terdapat kriteria yang mengatur secara khusus terkait dengan isu keselamatan dan keamanan bagi pengunjung dan penduduk
setempat, antara lain:

a. Tersedianya layanan keamanan dan kesehatan yang memenuhi standar kesehatan dan beroperasi aktif yang dapat diakses dengan mudah di destinasi.

Dapat dibuktikan melalui: Terdapat layanan kesehatan seperti klinik, puskesmas maupun rumah sakit yang dapat diakses oleh masyarakat maupun wisatawan.

b. Destinasi memiliki sistem untuk mengidentifikasi kebutuhan pengunjung terkait layanan keamanan dan kesehatan. Dapat dibuktikan melalui: Adanya bagian dari pengelolaan destinasi yang bertugas memantau kebutuhan pengunjung akan layanan keamanan dan kesehatan.

c. Destinasi melakukan inspeksi fasilitas pariwisata secara berkala untuk mengetahui kepatuhan terhadap standar kebersihan, Kesehatan, dan keselamatan.

Dapat dibuktikan melalui: Pemerintah mengeluarkan pedoman cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keselamatan), environmental sustainability (pelestarian lingkungan CHSE) bagi sektor pariwisata, bukti penerapan dan pengawasan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah setempat.

“Pedoman-pedoman ini sudah kita berikan mudah-mudahan seluruh pengelola sentra ekonomi kreatif dan destinasi wisata patuh terhadap peraturan yang sudah kami sampaikan, ucapnya.

Untuk lokasinya sendiri, Sandiaga akan mulai pada destinasi wisata buatan dan juga destinasi alam yang harus dipastikan keamanan dan keselamatannya.

“Jadi nanti ini merupakan satu gerakan yang akan melibatkan semua pihak bukan hanya pemerintah tetapi masyarakat juga ikut memantau kepatuhan terhadap aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan di setiap destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif, tutup Sandiaga.

(NDA)


https://www.idxchannel.com/ecotainment/berkaca-dari-kisah-eril-yang-terseret-arus-sungai-sandiaga-uno-tingkatkan-keamanan-di-lokasi-wisata

Sumber: https://www.idxchannel.com/ecotainment/berkaca-dari-kisah-eril-yang-terseret-arus-sungai-sandiaga-uno-tingkatkan-keamanan-di-lokasi-wisata
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil, Sandiaga Uno,
ministries kemenparekraf, Tim SAR,
nations Indonesia, Swiss,