Bibit Siklon Tropis 93W Masih Membayangi, Suhu Pontianak 35℃

  • 31 Mei 2022 06:03:32
  • Views: 11

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih memantau keberadaan bibit Siklon Tropis 93W di Filipina yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Sulawesi hingga Filipina bagian selatan dan di Filipina bagian tengah. 

Dampaknya hujan dengan skala sedang hingga lebat di Sulawesi Utara dan Maluku Utara, serta angin kencang di Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

Pusat tekanan rendah berada di Samudra Hindia selatan Lampung yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Hindia selatan Banten. 

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga Selat Malaka, di Samudra Hindia barat Bengkulu. Dari perairan selatan hingga utara Jawa Tengah, dari perairan selatan Banten hingga Jawa Timur. Kemudian, dari Selat Karimata hingga Kalimantan bagian utara, dari Laut Bali hingga Samudra Hindia selatan NTB.  

Juga dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dan dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur. Berlanjut dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, di Sulawesi bagian tengah, dari Selat Makassar hingga Kalimantan Utara, dan di Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Ibu kota provinsi Yogyakarta diperkirakan dilanda hujan lebat disertai petir. Hujan dengan skala sedang di Bandar Lampung, Jayapura, Manokwari dan Medan.

Hujan skala ringan di Banda Aceh, Bengkulu, Jakarta Pusat, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Kupang, Pekanbaru dan Padang.

Suhu udara berkisar antara 19-35°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Pontianak.

Baca:
Bibit Siklon Tropis 93W, 96S, 97P Terpantau, Potensi Hujan di Beberapa Daerah  

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1596675/bibit-siklon-tropis-93w-masih-membayangi-suhu-pontianak-35

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1596675/bibit-siklon-tropis-93w-masih-membayangi-suhu-pontianak-35
Tokoh



Graph