Mulai Dijajal di Jalanan, Ini Kisi-kisi Sedan Listrik Murni Toyota BZ5

  • 30 Mei 2022 22:11:07
  • Views: 10

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Toyota terus mempercepat transformasi bisnisnya ke green manufactur dengan menciptakan kendaraan listrik.

Kurang dari enam bulan setelah perusahaan mengungkapkan banyak mobil konsep bertenaga baterai, satu persatu mulai ditemukan di jalan, seperti bentuk sedan bZ SDN.

Sedan listrik empat pintu ini mulai terlihat dijalanan tengah di uji coba di jalanan China, yang tengah dibalut penutup kamuflase.

Baca juga: Ford Mulai Kirim Pikap Listrik F-150 Lightning ke Pelanggan Pertamanya

Terlihat lampu depan berbentuk L yang digabungkan dengan strip lampu tipis pada konsep, moncong depan yang menonjol, saluran masuk udara bersudut, garis atap seperti coupé yang menyapu, kerutan garis jendela yang menonjol, gagang pintu yang rata dan kap mesin yang dipahat berat.

Pada bagian belakang mobil konsep ini menampilkan bibir penutup boot seperti spoiler, lampu belakang lebar penuh berbentuk X dan potongan trapesium besar yang berisi ceruk plat nomor.

Banyak isyarat desain telah diangkat dari SUV listrik bZ4X, khususnya ujung depan dan lampu belakang.

Di bagian interior mobil tampak lebih avant-garde daripada bZ4X, dengan layar sentuh format potret mengambang yang besar, tampilan instrumen yang berdiri sendiri,l dan ruang penyimpanan yang sama di bawah konsol tengah.

Baca juga: Mobil Listrik BMW Produk 2025 ke Atas Akan Gunakan Komponen Baterai Bikinan CATL

Masih harus dilihat apakah empat pintu mendapatkan setir gaya kuk yang sama yang akan ditawarkan pada crossover di kemudian hari.

Sedan menengah yang disebut bZ5 tersebut, diklaim akan memenuhi harapan pelanggan untuk mobil pertama.

Dikutip dari Paultan, panjang mobil ini kira-kira 4.725 mm dan lebar 1.835 mm berada di antara Corolla dan Camry, l meskipun tingginya 1.475 mm dan jarak sumbu roda 2.880 mm lebih besar dari keduanya.

Sejauh ini belum ada detail teknis yang dirilis, tetapi bZ5 diperkirakan akan menggunakan Toyota New Global Architecture (e-TNGA) listrik yang sama, yang dikembangkan bekerja sama dengan Subaru sebagai bZ4X.

Itu artinya juga harus mendapatkan varian penggerak dua roda 204 PS/265 Nm yang sama dan penggerak semua roda 218 PS/336 Nm, bersama dengan baterai lithium-ion 71,4 kWh yang akan memberikan jangkauan sekitar 500 km.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/30/mulai-dijajal-di-jalanan-ini-kisi-kisi-sedan-listrik-murni-toyota-bz5

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/30/mulai-dijajal-di-jalanan-ini-kisi-kisi-sedan-listrik-murni-toyota-bz5
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, CATL, YouTube,
topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Republik Rakyat Cina,
transportations mobil listrik,
brands BMW, Ford, Toyota,