Destinasi Wisata Menarik Penonton MXGP Samota, ke Tempat Lady Diana Berlibur

  • 30 Mei 2022 22:04:30
  • Views: 14

TEMPO.CO, Mataram - MotoCross GrandPrix atau MXGP akan berlangsung di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada 24-26 Juni 2022. Sebelum perhelatan itu berlangsung, para pelaku usaha pariwisata berkumpul untuk merasakan pengalaman dan menentukan destinasi wisata apa saja yang dapat ditawarkan buat penonton MXGP Samota.

Pada pelaku usaha pariwisata itu berasal dari Asosiasi Pengusaha Perjalanan Wisata (ASITA), Asosiasi Pelaku Pariwsisata (ASPPI), dan Masyarakat Sadar Wisata (MASATA), Mereka berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di sekitar Sirkuit Samota di Pulau Sumbawa, NTB. Perjalanan dimulai dari kaki gunung Tambora, Teluk Saleh, dan Pulau Moyo. 

Kepala Dinas Paiwisata NTB Yusron Hadi optimistis kejuaraaan dunia MotoCross GrandPrix atau MXGP Samota bakal membangkitkan kunjungan wisatawan ke Pulau Sumbawa. Kami berharap bukan hanya MXGP yang dikenal, tetapi penontonnya bisa berdatangan ke berbagai destinasi wisata di sekitar sirkuit, katanya.

Kunjungan pertama berlangsung di Desa Piong, lokasi educamp dengan waktu tempuh  sekitar tiga jam dari Kantor Bupati Bima. Di sana nantinya ada beragam atraksi budaya menjelang pelepasan 70 kendaraan off road menuju posko lima jalur pendakian Gunung Tambora, ujar Yusron Hadi.

Ada pula kunjungan ke Pulau Moyo yang populer sebagai tempat berlibur Lady Diana Spencer pada 1993. Dia berlibur secara diam-diam ke pulau di seberang Kota Sumbawa Besar tersebut. Selain Lady Diana, ada pula musikus Mick Jagger dan David Bowie yang pernah datang ke Pulau Moyo.

Air terjun Mata Jitu, Labuan Aji, Pulau Moyo, Sumbawa, (3/11). Putri Diana pernah mengunjungi air terjun ini pada tahun 1993. TEMPO/Rully Kesuma.

Di Pulau Moyo terdapat air terjun Mata Jitu dan wisata hiu paus di Teluk Saleh. Sementara kegiatan di Desa Piong, para wisatawan akan menelusuri jalur pendakian Gunung Tambora, berkunjung ke air terjun Oi Marai, dan belanja produk kerajinan masyarakat Bima.

Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB, Leja Kodi merunut sejumlah destinasi wisata yang dapat dikunjungi penonton MXGP Samota. Di antaranya Pulau Moyo, Air Terjun Mata Jitu, hiu paus di Teluk Saleh, pacuan kuda di Penyaring, berkunjung ke hutan Mangrove di Samota. Para penonton juga dapat menginap di dalam ratusan tenda di Aik Lemak dan Aik Loang. Semua spot wisata ini luar biasa, ujar Leja Kodi yang biasa disapa Ingoe.

Dalam perjalanan tersebut, Ingoe yang juga pemilik Leko Travel Agent, mengatakan ada praktik menyambut tamu bagi pemandu wisata dengan beragam bahasa asing, seperti Prancis, Belanda, dan Jerman. Penentuan bahasa itu sesuai dengan negara para pembalap MXGP Samota 2022. 

Baca juga:
MXGP 2022, Penonton Diajak Berkunjung ke Pulau Moyo yang Indah

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://travel.tempo.co/read/1596619/destinasi-wisata-menarik-penonton-mxgp-samota-ke-tempat-lady-diana-berlibur

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1596619/destinasi-wisata-menarik-penonton-mxgp-samota-ke-tempat-lady-diana-berlibur
Tokoh





Graph

Extracted

persons Putri Diana, Yusron Hadi,
companies ADA, Telegram,
organizations ASITA,
ngos AJI,
products lemak,
nations Belanda, Jerman, Prancis,
places NUSA TENGGARA BARAT,
cities Gunung, Mataram, Tambora,