7 Ribu Peserta Akan Hadiri Pesta Bolon IV Simbolon di Bali

  • 30 Mei 2022 21:46:35
  • Views: 5

Jakarta - Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) kembali menggelar Pesta Bolon IV dan Kongres ke-4 pada 4-10 Juli 2022. Perhelatan budaya Batak lima tahunan ini akan digelar di Peninsula Nusa Dua, Bali.

Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon mengatakan pesta Bolon IV Simbolon ini diperkirakan akan dihadiri oleh 7 ribu orang yang datang dari 153 daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, perhelatan budaya ini juga akan dihadiri oleh warga batak bermarga Simbolon dari luar negeri.

Mereka akan naik bus, ada kapal juga, dan ada yang naik pesawat, kata Effendi di Gedung Serbaguna DPR, Kalibata, Jakarta, Selatan, Senin (30/5/2022).

Effendi pun mengatakan, dalam acara ini pihaknya turut mengundang Presiden Joko Widodo untuk menghadiri Pesta Bolon IV dan Kongres ke-4 di Bali.

“Mudah-mudahan beliau tidak sibuk. Karena tanggal 1 Juli, beliau kebetulan juga ada di Bali menghadiri acara, ujarnya.

Effendi menjelaskan, undangan kepada Jokowi diberikan karena yang bersangkutan pernah berjanji untuk datang dalam perhelatan budaya tersebut.

“Kami memang mengundang pak Presiden, karena beliau pernah bilang, ‘saya ada utang untuk hadir. Saya mau hadir’. Mudah-mudahan beliau hadir, ucapnya.

Adapun, Presiden Jokowi pernah hadir dalam Pesta Bolon III Simbolon pada 2017 yang digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan, kegiatan ini akan didanai secara swadaya dengan cara gotong royong dari Marga Simbolon. Selain itu, dia pun menekankan bahwa kegiatan ini jauh dari aktifitas npolitik.

Kita ini nirlaba dan tidak berpolitik. Kita satu darah lintas agama. Ada yang Kristen Protestan, Katolik, Islam bahkan ada penganut kepercayaan adat Batak, yaitu Parmalim. Itulah warna-warni kebinekaan Simbolon, ujarnya.

Di samping pesta adat batak, juga akan diagendakan Kongres IV PSBI untuk memilih ketua umum PSBI periode 2022-2027, pada 4-6 Juli 2022.

Selain itu, pada perhelatan ini juga akan ada perlombaan catur hingga program pendidikan.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/30/337/2602849/7-ribu-peserta-akan-hadiri-pesta-bolon-iv-simbolon-di-bali?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/05/30/337/2602849/7-ribu-peserta-akan-hadiri-pesta-bolon-iv-simbolon-di-bali?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA,
ministries DPR RI, Komisi I DPR,
religions Islam, Katolik, Kristen,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Kalibata,