Hari Ini di 2003, Sayonara Supersonik Concorde Usai Puluhan Tahun Lintasi Benua

  • 30 Mei 2022 21:04:52
  • Views: 16

TEMPO.CO, Paris -Concorde merupakan pesawat komersial pengangkut penumpang supersonik pertama yang dibangun oleh produsen pesawat di Inggris dan Prancis.

Concorde melakukan penyeberangan transatlantik pertamanya pada 26 September 1973.

Kemudian, ia diresmikan pada layanan penumpang pesawat supersonik terjadwal pertama di dunia pada 21 Januari 1976.

Dilansir dari Britannica, British Airways awalnya menerbangkan pesawat tersebut dari London ke Bahrain dan Air France kemudian menerbangkannya dari Paris ke Rio de Janeiro.

Kedua maskapai menambahkan layanan reguler ke Washington, D.C., pada Mei 1976 dan ke New York City pada November 1977. 

 Sebenarnya, Concorde ingin diterbangkan dengan penerbangan sewaan ke tujuan di seluruh dunia. Namun, kebisingan pesawat dan biaya operasional membatasi layanannya. 

Kerugian finansial menyebabkan kedua maskapai memotong rute, akhirnya meninggalkan New York City sebagai satu-satunya tujuan reguler mereka. 

Operasi Concorde akhirnya dihentikan oleh Air France pada Mei 2003 dan oleh British Airways pada Oktober 2003. 

Concorde memiliki kecepatan jelajah maksimum 2.179 km (1.354 mil) per jam, atau Mach 2,04 lebih dari dua kali kecepatan suara.

Ini artinya, Concorde memungkinkan kurangnya waktu penerbangan antara London, Inggris dan New York, Amerika Serikat menjadi sekitar tiga jam. 

Biaya pengembangan Concorde juga begitu besar sehingga tidak pernah dapat dipulihkan dari operasi dan pesawat tidak pernah menguntungkan secara finansial. 

Dilansir dari britishairways.com, Concorde menggunakan mesin jet murni paling kuat yang terbang secara komersial. 

Concorde berukuran hampir 204 kaki panjang dan membentang antara 6 dan 10 inci dalam penerbangan karena pemanasan badan pesawat, penerbangan komersial terjadwal terakhir adalah BA002 dari JFK yang dioperasikan oleh G-BOAG. 

Armada 7 pesawat supersonik Concorde BA kemudian disebar untuk pemeliharaan di Barbados (AE), Edinburgh (AA), Filton (AF), Manchester (AC), New York (AD) dan Seattle (AG) dengan satu (AB) tersisa di Heathrow.

IDRIS BOUFAKAR
Baca : Terkuak Proyek Baru Virgin Galactic dan Rolls-Royce di Atas Samudera Atlantik


https://tekno.tempo.co/read/1596604/hari-ini-di-2003-sayonara-supersonik-concorde-usai-puluhan-tahun-lintasi-benua

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1596604/hari-ini-di-2003-sayonara-supersonik-concorde-usai-puluhan-tahun-lintasi-benua
Tokoh

Graph