Sebaran Meluas, 25 Daerah di Jatim Laporkan Terjangkit PMK

  • 30 Mei 2022 19:07:21
  • Views: 7

IDXChannel - Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur Indyah Aryani mengungkapkan, dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur, PMK sudah menjangkiti 25 kabupaten/kota. Dimana dari jumlah tersebut empat kabupaten berstatus wilayah wabah yakni Kabupaten Lamongan, Gresik, Sidoarjo, dan Mojokerto. 

Penetapan status kabupaten tertular dilakukan oleh menteri pertanian sebagai wilayah wabah. Untuk yang wilayah tertular yakni kabupaten yang sudah ada kejadian penyakit dengan tanda klinis PMK dan terkonfirmasi positif oleh laboratorium, itu ada 21 wilayah kabupaten kota, ungkap Indyah Aryani, saat pemaparan di Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penanggulangan PMK di Malang, pada Senin (30/5/2022).

Adapun 21 wilayah yang masuk daerah tertular PMK meliputi Kabupaten Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Malang, Jombang, Kota Batu, Jember, Kota Surabaya, dan Magetan. Kemudian ada Kota Malang, Kota Probolinggo, Tuban, Bojonegoro, Bangkalan, Bondowoso, Madiun, Sumenep, Sampang, Kabupaten Kediri, Nganjuk, dan Ponorogo.

Selain wilayah wabah dan tertular dikatakan Indyah Aryani, ada empat daerah kabupaten kota yang masuk wilayah terduga terpapar PMK. Dimana wilayah terduga ini sudah ada kejadian penyakit dengan tanda klinis PMK dan belum terkonfirmasi positif laboratorium.

Untuk wilayah terduga ini ada empat Kabupaten Pacitan, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, dan Kabupaten Situbondo. Untuk wilayah yang saat ini masih bebas PMK ada sembilan meliputi Pamekasan, Banyuwangi, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Tulungagung. Kemudian ada Trenggalek, Kota Madiun, Ngawi, dan Kota Mojokerto, paparnya. 


https://www.idxchannel.com/economics/sebaran-meluas-25-daerah-di-jatim-laporkan-terjangkit-pmk

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/sebaran-meluas-25-daerah-di-jatim-laporkan-terjangkit-pmk
Tokoh

Graph