Batal Bahas Tahapan Pemilu 2024, DPR: KPU Ingin Jalan-Jalan Dulu

  • 30 Mei 2022 16:47:15
  • Views: 9

JAKARTA - Pembahasan mengenai aturan yang menyangkut tahapan, program dan jadwal Pemilu 2024 kembali gagal dilaksanakan pada hari ini, Senin (30/5/2022). Kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) disebut tak bisa memenuhi undangan rapat Komisi II DPR.

Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, rencananya memang sudah diagendakan hari ini akan digelar rapat tersebut. Sayangnya, kesediaan hadir memenuhi rapat hanya dikonfirmasi dari pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saja.

Tetapi KPU kemudian katanya mau melakukan konsultasi lagi dengan beberapa institusi yang lain. Yang saya enggak paham sebetulnya untuk apa gitu, kata Doli di kompleks parlemen, Jakarta.

BACA JUGA:Bertemu KPU, Jokowi Sampaikan 6 Arahan Terkait Pemilu 2024 

Politikus Golkar itu menegaskan, DPR sudah berkomitmen untuk membahas tahapan ini sesegera mungkin. Mengingat, tahapan Pemilu 2024 yang sudah direncanakan KPU itu dimulai 14 Juni mendatang.

Nah, cuma karena memang KPU-nya berkeinginan untuk jalan-jalan dulu, roadshow ke lembaga-lembaga tinggi negara, ya saya kira kita ikuti aja, ujarnya.

BACA JUGA:Total Anggaran Pemilu 2024 Rp76,6 Triliun, Berikut Rincian KPU 

Di sisi lain, Doli juga menyampaikan informasi bahwa KPU ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pimpinan DPR. Berdasarkan informasi yang diterima dari Ketua DPR RI, Puan Maharani, KPU baru akan diterima pimpinan pada 6 Juni mendatang.

Ia pun tak bisa memastikan kapan rapat pembahasan ini akan direncanakan ulang. Komisi II, hanya mengikuti apa yang diinginkan KPU sebagai pihak penyelenggara saja.

Mungkin habis tanggal 6 ibu Ketua DPR, mungkin ketemu Ketua MPR, ketemu Dubes Amerika, mungkin. Kan kita nggak tahu, kelakar Doli.

Kan semuanya tergantung KPU ya kan. Kami sudah mempersiapkan waktu hari ini yang menurut kami cukup (untuk dilakukan pembahasan), tutur dia.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/30/337/2602625/batal-bahas-tahapan-pemilu-2024-dpr-kpu-ingin-jalan-jalan-dulu?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/05/30/337/2602625/batal-bahas-tahapan-pemilu-2024-dpr-kpu-ingin-jalan-jalan-dulu?page=1
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ahmad Doli Kurnia, joko widodo, Puan Maharani,
ministries DPR RI, Kemendagri, Komisi II DPR, KPU, MPR RI,
parties Golkar,
topics Pemilu 2024,
nations Amerika Serikat,
places DKI Jakarta,