Amien Rais Ungkap Kriteria Calon Presiden yang Didukung Partai Ummat

  • 30 Mei 2022 16:29:40
  • Views: 14

Merdeka.com - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais menyampaikan sejumlah kriteria calon presiden yang seharusnya dipilih masyarakat pada Pilpres 2024. Menurutnya, masyarakat harus berhati-hati memilih calon pemimpin.

“Pilpres itu kita harus hati-hati. Karena dia akan menjadi lurahnya Indonesia yang memimpin 270 juta lebih manusia, yang beragam agamanya, etnis suku bangsanya, tradisi budayanya dan lain-lain, ujar Amien seusai menjadi pembicara Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah, di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Solo, Senin (30/5).

taboola

Amien mengakui jika saat ini partai bentukannya belum melewati tahapan verifikasi. Sehingga dirinya baru akan membicarakan terkait capres dan kriterianya lebih detail, saat partainya sudah dinyatakan lolos verifikasi.

“Saya punya partai kan belum melalui etape kedua, belum diverifikasi. Kalau sudah pun, saya akan berbicara sebagai Ketua Majelis Syuro, tentang Pilpres ini, katanya.

Namun demikian, dikatakan Amien, Indonesia membutuhkan pemimpin nasional yang memiliki kriteria tertentu. Yang paling utama, menurutnya, betul-betul memiliki komitmen memelihara ideologi negara, state ideology, yaitu Pancasila.

“Kemudian orang itu betul-betul dedicated kepada Bhinneka Tunggal Ika, dan yang penting sekali, menjaga kedaulatan Indonesia, urainya.

2 dari 2 halaman

Mantan politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) itupun mengimbau media agar memberikan kesempatan kepada para calon presiden untuk mengemukakan ide dan gagasannya. Sehingga, kalau masih mempercayai adanya demokrasi, masyarakat akan bisa memilih yang terbaik.

“Nanti akan kelihatan yang miring ke Cina, yang miring ke barat juga akan kelihatan. Yang cinta Indonesia juga kelihatan. Atau kemudian akan memusuhi salah satu kelompok bangsa itu juga jangan dipilih, tegasnya.

“Saya ini sudah tua, saya itu selalu enteng saja menyampaikan nasihat-nasihat itu, karena saya ingin mengikuti kata-kata Nabi Syueb. Jadi tidaklah ada yang saya inginkan kecuali berbaikan, islah untuk bangsa negara kita ini. Diterima ya syukur, tidak juga tidak apa-apa, katanya. [ray]

Baca juga:
KPU Tak Bisa Hadir, Rapat Penetapan Tahapan Pemilu 2024 Ditunda
Bertemu KPU, Jokowi Sampaikan Enam Arahan Terkait Pemilu 2024
Menakar Peluang PKS Bergabung Koalisi Indonesia Bersatu
PDIP Tak Khawatir PAN Ajak PKS Gabung Koalisi Indonesia Bersatu
Soal Kode Diusung PKS di Pilpres 2024, Sandiaga Ingat Pesan Jokowi: Ojo Kesusu


https://www.merdeka.com/politik/amien-rais-ungkap-kriteria-calon-presiden-yang-didukung-partai-ummat.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/politik/amien-rais-ungkap-kriteria-calon-presiden-yang-didukung-partai-ummat.html
Tokoh







Graph

Extracted

persons Amien Rais, joko widodo, Muhammad,
companies ADA,
ministries KPU,
organizations Muhammadiyah,
parties PAN, PDIP, PKS, Ummat,
topics Pemilu 2024, Pilpres 2024,
products Pancasila,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina,
places JAWA TENGAH,
cities Solo,