Walkot Bekasi Rahmat Effendi Didakwa Terima Suap Rp 10 Miliar!

  • 30 Mei 2022 15:24:06
  • Views: 17

Jakarta -

Wali Kota Bekasi nonaktif Rahmat Effendi didakwa menerima duit Rp 10 miliar. Duit itu diterima pria yang akrab disapa Pepen terkait pengurusan tanah di Bekasi.

Terdakwa sebagai orang yang melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang harus dipandang sebagai perbuatan yang berdiri sendiri sehingga merupakan beberapa kejahatan, menerima hadiah atau janji yaitu menerima hadiah berupa uang dengan jumlah keseluruhan Rp 10.450.000.000, ucap Jaksa penuntut umum (JPU) KPK saat membacakan dakwaan, seperti dikutip dari detikJabar, Senin (30/5/2022).

Sidang Pepen itu digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung. JPU menyatakan duit tersebut didapat oleh Rahmat Effendi dari Lai Bui Min sebesar Rp 4,1 miliar, Makhfud Rp 3 miliar dan Suryadi Mulya sebesar Rp 3,3 miliar lebih.

Di kasus ini Rahmat Effendi bersekongkol dengan Jumhana Luthfi Amin. Mereka melakukan perbuatan pengurusan agar Pemkot Bekasi membeli lahan Lai Bui Min di Jalan Bambu Kuning Selatan, Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi seluas 14.392 meter persegi.

(Lahan) itu terkait pengadaan lahan untuk kepentingan pembangunan Polder 202 oleh Pemkot Bekasi, tuturnya.

Pepen juga bersama Luthfi serta Wahyudin melakukan pengurusan ganti rugi lahan milik keluarga Makhfud Saifuddin yang telah dibangun SDN Rawalumbu I dan VIII yang terletak di Jalan Siliwangi/Narogong, Kota Bekasi seluas 2.844 meter persegi.

Baca selengkapnya di sini.

(idn/dhn)

https://news.detik.com/berita/d-6102097/walkot-bekasi-rahmat-effendi-didakwa-terima-suap-rp-10-miliar

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6102097/walkot-bekasi-rahmat-effendi-didakwa-terima-suap-rp-10-miliar
Tokoh



Graph

Extracted

persons Rahmat Effendi,
ministries JPU KPK, KPK,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung, Bekasi, Rawalumbu,
cases ganti rugi lahan, Tipikor,