5 Negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia, Ada yang Sampai 105 Kg Per Kapita 

  • 30 Mei 2022 15:07:09
  • Views: 17

IDXChannel – Ada sejumlah negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia yang menyumbang hampir sebagian besar persentase sampah dunia. Sampah memang menjadi masalah hampir di seluruh negara, tidak terkecuali negara-negara besar. 

Salah satu sampah yang mengancam keselamatan bumi adalah sampah plastik. Menurut laporan National Geographic, jumlah sampah plastik di dunia bahkan diperkirakan meningkat hingga 53-90 juta ton pada 2030 mendatang. 

Lantas, apa saja negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia? Dilansir dari berbagai sumber, IDXChannel merangkum beberapa daftarnya sebagai berikut. 

5 Negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia

1. Amerika Serikat

Salah satu negara penghasil sampah terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat. Negeri Paman Sam nampaknya butuh strategi khusus dalam mengatasi persoalan sampah plastik ini. Dalam sebuah laporan yang berjudul “Reckoning with the US Role in Global Ocean Plastic Waste, Amerika disebut sebagai negara penyumbang plastik terbesar dunia. Penduduk negara ini rata-rata menghasilkan sampah plastik hingga 105 kilogram sampah plastik per kapita per tahun. 

2. Korea Selatan

Dalam sebuah laporan KBS World, Korea Selatan juga disebut menjadi negara penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia. Negara ini bahkan menghasilkan sampah hingga 88 kg per orang per tahunnya. Ada berbagai macam tumpukan plastik hingga kotak styrofoam di pusat daur ulang sampah di Seoul. Adapun untuk mengatasi hal tersebut, Korea Selatan tengah melakukan strategi ekonomi sirkular untuk mengurai persoalan sampah plastik ini. 

3. Brasil

Sebagai negara terbesar kelima di dunia, Brasil juga menjadi penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Negara ini bahkan menghasilkan sebanyak 10,68 juta ton sampah plastik per tahun. Dari total sampah tersebut, yang berhasil didaur ulang hanya sebesar 1,28 persen. Untuk proses penanganannya selama ini, penduduk Brasil mengatasinya dengan membakar ataupun mengubur sebagian besar sampah mereka. 


https://www.idxchannel.com/milenomic/5-negara-penghasil-sampah-plastik-terbesar-di-dunia-ada-yang-sampai-105-kg-per-kapita

Sumber: https://www.idxchannel.com/milenomic/5-negara-penghasil-sampah-plastik-terbesar-di-dunia-ada-yang-sampai-105-kg-per-kapita
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, KBS, MNC, National Geographic,
nations Amerika Serikat, Brasil, Korea Selatan,
cities Seoul,