Sri Mulyani Bangga Indonesia Sukses "Jaga Diri" dari Pandemi Covid-19

  • 30 Mei 2022 13:08:09
  • Views: 9

IDXChannel - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan Indonesia terbuksi mampu dalam menjaga diri dari pandemi Covid-19 sejak kemunculannya awal 2020 lalu. Hal itu dibuktikan dengan indikator kondisi ekonomi mengalami perbaikan hingga awal 2022.

Kita patut mensyukuri bahwa Indonesia semakin mampu menjaga dari pandemi Covid-19 meskipun secara global masih ada beberapa negara yang masih mencoba mengendalikan Covid-19 terutama Omicron, ujar Menkeu dalam Talkshow Neraca Komoditas, Senin (30/5/2022).

Tercatat, pertumbuhan ekonomi hingga kuartal I-2022 mencapai 5,01 persen. Kemudian pada April 2022, neraca perdagangan Indonesia kembali mengalami surplus USD7,56 miliar. Kondisi surplus ini sudah terjadi 24 kali berturut-turut.

Tentunya ini akan menjaga ekonomi Indonesia melalui kinerja ekspor kita karena ada tren kenaikan harga maupun pembelian ekonomi global akibat pandemi dan menggeliatnya kegiatan ekonomi di Indonesia, ujarnya.

Kendati, Sri Mulyani mengingatkan agar Indonesia terus waspada karena masih banyak risiko ekonomi global yang mengancam, salah satunya inflasi. Di banyak negara maju, seperti Amerika Serikat, tingkat inflasinya sudah sangat tinggi. Per April 2022 saja, inflasi di Amerika Serikat mencapai 8,3 persen.

Naiknya inflasi bakal memaksa negara-negara mengetatkan kebijakan moneter mereka, yang berimbas pada kenaikan suku bunga acuan dan pengetatan likuiditas.

Selain itu, konflik Rusia-Ukraina yang belum reda juga mengancam pasokan komoditas dan mengerek harga bahan pangan dan energi.

Di sisi lain, di RRT (Republik Rakyat Tiongkok/China), akibat Covid-19 maka pemerintahnya melaksanakan zero case policy terhadap pandemi, yang artinya lockdown atau pembatasan, dan ini sangat berdampak ke ekonomi RRT dan dunia, pungkas Sri Mulyani. (TYO)


https://www.idxchannel.com/economics/sri-mulyani-bangga-indonesia-sukses-jaga-diri-dari-pandemi-covid-19

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/sri-mulyani-bangga-indonesia-sukses-jaga-diri-dari-pandemi-covid-19
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies ADA, MNC,
ministries Kemenkeu,
topics ekspor, lockdown, neraca perdagangan, Omicron,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Republik Rakyat Cina, Rusia, Ukraina,
cities Tiongkok,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,