Pengunduran Diri CPNS Diminta Jadi Perhatian Pemerintah

  • 30 Mei 2022 12:08:55
  • Views: 14

Jakarta: Kasus pengunduran diri calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus tahap akhir harus menjadi perhatian serius pemerintah. Apalagi, anggaran yang digelontorkan untuk penyelenggaraan CPNS tidak sedikit.
 
Pemerintah telah mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit dalam seleksi sampai tahap akhir. Berapa biaya yang sudah dikeluarkan per orang, biaya tes SKB, SKD, bahkan beberapa instansi mengeluarkan biaya untuk tes spesifik sendiri, kata anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 30 Mei 2022.
 
Menurut dia, pengunduran diri ratusan CPNS tersebut mengakibatkan kerugian bagi pemerintah. Sebab, mereka merasa tidak sesuai dengan besaran gaji hingga lokasi penempatan yang jauh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kata dia, formasi yang sudah disiapkan bagi CPNS yang mundur itu tentu akan kosong dan baru bisa diisi apabila ada usulan kembali dari instansi yang bersangkutan terkait dengan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) dalam bentuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) maupun CPNS.
 
Pemerintah harus mengevaluasi seleksi penerimaan CPNS sebagai bagian reformasi birokrasi. Transparansi mengenai hak dan kewajiban perlu dijelaskan kepada masyarakat yang akan jadi CPNS. Dia menilai keterbukaan itu sangat penting agar tidak terulang lagi CPNS yang mundur setelah diterima sebagai abdi negara.
 
Baca: Antisipasi Banyaknya CPNS Mundur, BKN Wacanakan Sanksi Lebih Berat
 
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat 105 CPNS mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus tes seleksi penerimaan 2021. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tercatat sebagai instansi dengan jumlah yang mengundurkan diri paling banyak, yakni 11 orang.
 
Instansi yang terdapat CPNS mengundurkan diri dapat mengajukan kembali formasi kosong itu pada penerimaan CPNS 2022. Berdasarkan data dari BKN, instansi pemerintah pusat selain Kemenhub yang terdapat CPNS mengundurkan diri ialah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara masing-masing satu orang.
 
Kemudian, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Kementerian Kesehatan masing-masing dua orang. Lalu, Badan Intelijen Negara berjumlah dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme masing-masing satu orang.
 

(JMS)


https://www.medcom.id/nasional/politik/VNxoxzyK-pengunduran-diri-cpns-diminta-jadi-perhatian-pemerintah

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/politik/VNxoxzyK-pengunduran-diri-cpns-diminta-jadi-perhatian-pemerintah
Tokoh



Graph

Extracted

persons Guspardi Gaus,
companies ADA,
ministries ASN, BIN, BNPT, DPR RI, Kemenhub, Kementerian Perhubungan, Komisi II DPR,
topics CPNS,
products PPPK,
places DKI Jakarta,