Prabowo Disebut Korban Pelabelan Pelanggar HAM Berat Oleh Negara Unipolar

  • 30 Mei 2022 08:11:45
  • Views: 11

Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto disebut sebagai salah satu korban pelabelan yang dilakukan negara unipolar. Pelabelan terjadi karena Indonesia pernah menjadi korban campur tangan negara unipolar, salah satunya saat referendum Timor Leste.
 
Kita pernah mengalami saat di Timor Timur, Timor Timur itu kita babak belur loh, kata pakar pertahanan dan militer Connie Rahakundini dalam program Crosscheck Medcom.id bertemakan Suara Pembubaran PBB Muncul di Indonesia, Minggu, 29 Mei 2022.
 
Dia menyampaikan negara unipolar yang berperan sentral dalam referendum Timor Leste, yaitu Amerika Serikat. Negeri Paman Sam memaksa Indonesia dalam menyikapi upaya pemisahan diri Timor Leste dari NKRI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begitu dilakukan siapa yang dianggap melakukan pelanggaran HAM paling berat? Kita juga kata dia.
 
Para petinggi TNI juga tak lepas dari pelabelan HAM berat di Timor Leste, salah satunya, Prabowo. Pelabelan ini bahkan menjadi salah satu penyebab kegagalan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu menjadi presiden.
 
Mungkin Pak Prabowo harusnya menjadi presiden kapan tahu kalau tidak ada mark pelanggar HAM terbesar dalam dirinya, ujar dia.
 
Baca: Aktor Intelektual Pelanggaran HAM Berat Paniai Diharap Terbongkar di Persidangan
 
Dirangkum dari berbagai sumber, Amerika Serikat memasukkan Prabowo ke dalam daftar hitam senak 2000. Prabowo diduga berperan dalam pelanggaran HAM.
 
Tudingan pelanggaran HAM yang dimaksud, yaitu kerusuhan dan penculikan aktivis pro-demokrasi pada 1998 dan referendum Timor Leste pada 2002.
 

(JMS)


https://www.medcom.id/nasional/politik/5b2GxwVk-prabowo-disebut-korban-pelabelan-pelanggar-ham-berat-oleh-negara-unipolar

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/politik/5b2GxwVk-prabowo-disebut-korban-pelabelan-pelanggar-ham-berat-oleh-negara-unipolar
Tokoh





Graph

Extracted

persons Mark, Prabowo,
companies ADA,
ministries TNI,
parties Gerindra, PBB,
topics NKRI, Pelanggaran HAM,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Timor Leste,
places DKI Jakarta, PAPUA,
cases HAM,