Khofifah Minta Vaksinasi dan Boster Terus Digenjot Bagi Lansia

  • 30 Mei 2022 02:06:48
  • Views: 13

IDXChannel - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawangsa meminta kabupaten/kota untuk menggenjot vaksinasi dosis kedua dan booster bagi lanjut usia (lansia).

Dari 38 kabupaten/kota di Jatim, sebagian besar dosis keduanya telah mencapai lebih dari 60 persen. Namun ada 11 kabupaten/kota yang dosis dua masih di bawah 60 persen. Untuk itu, mohon bagi 11 kabupaten/kota ini dipercepat lagi dosis keduanya, kata Khofifah, Minggu (29/5/2022).

Adapun 11 kabupaten/kota yang vaksis dosis kedua bagi lansianya masih di bawah 60 persen yakni Kabupaten Jember, Kabupaten Madiun, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kota Probolinggo.

Berdasarkan data dari Dashboard SI Satu Data COVID-19 KCPEN (Kontrol Tower Vaksin) per (27/5/2022), capaian target vaksinasi dosis lansia di Jatim untuk dosis 1 mencapai 77,51 persen, dosis 2 mencapai 64,15 persen, dan dosis 3 mencapai 14,78 persen. Salah satu upaya untuk melindungi lansia dari COVID-19 adalah dengan vaksinasi, imbuh Khofifah. 

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial (Mensos) RI ini mengungkapkan bahwa, keluarga atau lingkungan terdekat menjadi sumber kebahagiaa dan kesejahteraan bagi para lansia. Untuk itu, Pemprov Jatim memiliki prigram PKH Plus yang dikhususnya bagi lansia kurang mampu dan lansia yang rentan.  

Saya mengajak masyarakat untuk membangun dan menciptakan kebahagiaan di tengah-tengah keluarga, terutama bila di dalam keluarga tersebut ada lansia. Dengan adanya kebahagiaan tersebut, diharapkan menambah semangat dan kedamaian di hati para lansia, terangnya.

Pemprov Jatim sendiri terus mendorong peningkatan kualitas layanan bagi lansia. Salah satunya melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Dinas Sosial Jatim. UPT PSTW ini tersebar di 7 kabupaten/kota di Jatim. Yakni Jember, Pasuruan, Blitar, Jombang, Magetan, Banyuwangi dan Bondowoso.

UPT PSTW Dinsos Jatim ini memberikan layanan bagi para lansia. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, perawatan kebersihan diri dan lingkungan, pemberian santunan dan sembako, makanan tambahan, sampai dengan bimbingan sosial dan mental, tutup Khofifah. (RAMA)


https://www.idxchannel.com/economics/khofifah-minta-vaksinasi-dan-boster-terus-digenjot-bagi-lansia

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/khofifah-minta-vaksinasi-dan-boster-terus-digenjot-bagi-lansia
Tokoh



Graph