6 Bulan Banjir Genangi Permukiman, Putra Mantan Bupati Lamongan Bagikan Sembako Bagi Warga Terdampak

  • 30 Mei 2022 10:22:34
  • Views: 6

Lamongan (beritajatim.com) – Anggota Fraksi Partai Demokrat, DPR RI Komisi X, Debby Kurniawan, S.Kom menyalurkan bantuan berupa sembako kepada warga terdampak banjir akibat luapan Bengawan Jero di sekitar Desa Kemlagi Lor, Kecamatan Turi, Lamongan, Minggu (29/5/2022).

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Menurut Iwan, sapaan akrab Debby Kurniawan, penyaluran bantuan sembako ini sebagai bentuk keprihatinan atas adanya laporan warga yang selama 6 bulan lebih permukimanya tergenangi air banjir.

“Kami sangat prihatin, ketika ada informasi selama enam bulan rumah warga masih ada yang tergenang akibat banjir, ujar Iwan usai menyerahkan bantuan kepada warga Dusun Baru, Desa Kemlagi Lor, Minggu (29/5/2022).

Tak cukup itu, Iwan yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Lamongan ini turut membersihkan tumpukan eceng gondok di aliran sungai Bengawan Jero bersama warga setempat.

Eceng gondok tersebut, ungkap Iwan, perkembangannya sangat cepat meski masyarakat setempat telah rutin membersihkannya. Oleh sebab itu, sebut Iwan, guna mencegah banjir tak semakin parah, diperlukan kerjasama dalam pembersihan agar masyarakat tak merasa kewalahan.

“Bersama-sama warga, kami juga membantu untuk membersihkan enceng gondok yang mengganggu aliran sungai dan menyebabkan banjir yang selama ini susah surut, tutur pria yang juga anak mantan Bupati Lamongan, H. Fadeli ini.

Sementara itu, Kepala Desa Kemlagi Lor, Abdul Rohim, menyampaikan bahwa selama ini pembersihan eceng gondok hanya dilakukan oleh warga dengan koordinasi Pemerintah Desa. Sehingga, hasilnya pun kurang maksimal.

“Kami berharap, pihak terkait turut melakukan pembersihan enceng gondok, karena kalau hanya ditangani Pemerintah Desa, tidak akan selesai-selesai. Mengingat pertumbuhan enceng gondok sangat cepat, kata Rohim.

Di sisi lain, Rohim menuturkan, keterbatasan anggaran juga menjadi faktor penentu atas kemampuan desa dalam menuntaskan tanaman eceng gondok yang kian menumpuk tersebut. “Butuh alat berat dan tenaga ekstra untuk menuntaskannya (pembersihan enceng gondok). Selama ini, warga desa hanya mengandalkan gotong royong dan alat seadanya, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu warga penerima bantuan sembako, bernama Mbah Rika mengaku senang atas kunjungan dan bantuan sembako yang diberikan oleh Deby Kurniawan. Menurutnya, bantuan ini bisa meringankan beban dirinya yang terdampak banjir. “Suwun rawuhipun, mugio panjenengan diparingi seger kewarasan kaleh Gusti Allah (Terima kasih atas kedatangannya, semoga anda diberikan kesehatan oleh Allah SWT), ucapnya.[riq/kun]


https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/6-bulan-banjir-genangi-permukiman-putra-mantan-bupati-lamongan-bagikan-sembako-bagi-warga-terdampak/

Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/6-bulan-banjir-genangi-permukiman-putra-mantan-bupati-lamongan-bagikan-sembako-bagi-warga-terdampak/
Tokoh



Graph

Extracted

persons H. Fadeli,
companies ADA, Google,
ministries DPR RI, Fraksi Demokrat,
parties Demokrat,
topics Banjir,
products sembako,
places JAWA TIMUR,
cities Lamongan,