Dosen ITB Prihatin dengan Polemik Penyebab Banjir Pantura Jawa Tengah

  • 29 Mei 2022 22:05:26
  • Views: 12

TEMPO.CO, Bandung - Sejumlah badan pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat menyebutkan berbagai faktor penyebab banjir rob di kawasan pantai utara atau pantura Jawa Tengah belakangan ini.

Menurut Kepala Laboratorium Geodesi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas, polemik itu membuatnya prihatin. “Karena dasar dari pengurangan risiko suatu bencana melalui upaya prevensi mitigasi juga adaptasi harus berbasis investigasi faktor penyebab yang tepat, kata dia Ahad, 29 Mei 2022.

Menurutnya, dari hasil kajian Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB dan Laboratorium Geodesi ITB, banjir rob di pantura pada 23 Mei 2022 sangat erat kaitannya dengan penurunan tanah atau land subsidence. “Banjir rob juga diperparah oleh terjadinya gelombang tinggi dan jebolnya tanggul di beberapa tempat, ujar Heri. 

Laju atau kecepatan penurunan tanah di Semarang, Pekalongan dan Demak saat ini  ada yang mencapai 10 hingga 20 sentimeter per tahun. “Angka itu merupakan laju tercepat yang tercatat di dunia, kata dia.

Sebelumnya, dari hasil riset tim ITB, kondisi serupa terjadi di beberapa lokasi di wilayah Cekungan Bandung dengan laju penurunan tanah 5-20 sentimeter per tahun.

Namun, faktor penurunan tanah itu, menurut Heri, tidak disebut berbagai badan pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat pada kasus banjir rob pantura. Selain itu, upaya pengurangan risiko bencana itu dinilainya belum ditunjang regulasi yang cukup, sehingga akan berdampak ke kelembagaan, program, hingga anggaran.

“Bencana banjir rob belum secara tegas masuk ke dalam kategori bencana dalam Undang-Undang Kebencanaan, ujarnya. Kondisi itu menyulitkan pemerintah pusat hingga daerah dalam membuat program yang komprehensif termasuk menentukan leading sector.

“Kondisi ini akan menjadikan bencana hanya dilihat secara parsial, dari sudut pandang yang berbeda-beda, kata Heri. Dia berharap pemerintah dapat membaca situasi ini dan mengambil langkah -langkah yang tepat.

Baca:
Banjir Rob di Semarang yang Kali Ini Tidak Biasa

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1596318/dosen-itb-prihatin-dengan-polemik-penyebab-banjir-pantura-jawa-tengah

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1596318/dosen-itb-prihatin-dengan-polemik-penyebab-banjir-pantura-jawa-tengah
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Telegram,
ministries Polisi,
ngos AJI,
institutions ITB,
topics Banjir, Banjir ob,
products emas,
places JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities bandung, Demak, Pekalongan, Semarang,