133 Sapi di Kabupaten Kuningan Terjangkit PMK

  • 30 Mei 2022 10:44:21
  • Views: 9

KBRN, Kuningan: Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kuningan, Jawa barat (Jabar) mencatat, 133 ekor sapi tersebar di Kabupaten Kuningan terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penambahan itu terdiri dari sapi pedaging dan perah, ujar drh. Rofiq, dari Satgas Penanggulangan Penanganan Hewan, Minggu (29/5/2022).

Menurutnya, sapi berasal dari tiga lokasi penyebaran yakni di Desa Mandapajaya, Kecamatan Cilebak, Desa Cirukem, Kecamatan Garawangi, dan Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur.

Untuk penanganan terhadap hewan yang terpapar, pihaknya memberikan vitamin.

Alhamdulillah di Mandapajaya dan Cirukem sudah bisa teratasi dengan pemberlakuan karantina dan pemberian vitamin bagi sapi-sapi yang terjangkit. Sedangkan penyebaran PMK pada sapi perah di Cipari masih kita waspadai karena dalam sehari rata-rata 19 ekor terjangkit, jelasnya.

Dikatakan Rofiq, saat ini dilakukan karantina untuk membatasi penyebaran virus.

Ya terutama di Blok Cigeureung sudah dilakukan lock down dan membatasi keluar masuk hewan juga manusia, agar penyebaran virus penyebab PMK bisa diminimalisir, pungkasnya. 


https://rri.co.id/daerah/1472303/133-sapi-di-kabupaten-kuningan-terjangkit-pmk?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/daerah/1472303/133-sapi-di-kabupaten-kuningan-terjangkit-pmk?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh

Graph

Extracted

products vitamin,
places JAWA BARAT,
animals Sapi,