Presiden PKS Sebut Presidential Threshold 20 Persen Jadi Kendala Lahirkan Pemimpin Nasional

  • 29 Mei 2022 18:49:21
  • Views: 6

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu berbicara mengenai presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden di sela sambutannya pada acara Milad ke-20 PKS yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/5/2022).

Ahmad Syaikhu menyoroti tingginya ketentuan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden di Indonesia sebagai suatu kendala.

Di antara berbagai kendala-kendala yang dihadapi dalam melahirkan kepemimpinan nasional adalah masih tingginya angka presidential threshold sebesar 20 persen, ujar Ahmad Syaikhu dalam sambutannya pada Milad PKS ke-20 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/5/2022).

Tidak ada partai politik yang bisa memajukan secara leluasa kader-kadernya untuk bisa tampil menjadi pemimpin-pemimpin nasional, sambung dia.

Menurut Ahmad Syaikhu, ketentuan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20 persen yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7/2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) memiliki peluang untuk ditinjau kesesuaiannya dengan konstitusi di Indonesia.

Oleh karena itu sudah selayaknya lah kita sebagai elemen-elemen partai politik syukur-syukur dalam era kolaborasi yang pada hari ini kita bisa melakukan judicial review terhadap ketentuan presidensial threshold 20 persen ini, kata dia.

Ahmad Syaikhu berharap tingginya angka presidential threshold dapat berkurang. Dia menilai, berkurangnya angka presidential threshold akan lebih memudahkan partai politik yang hendak mengusung capres dan cawapres dalam Pemilu.

Sehingga kemudian bisa turun sehingga lebih memudahkan dan tidak terjadi polarisasi dalam perpolitikan ke depan inilah menjadi tugas kita semuanya, jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Syaikhu juga mengajak semua kader dan simpatisan PKS yang hadir meramaikan acara milad PKS sekaligus dapat mempersiapkan kemenangan di Pemilu 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Komedian Narji resmi masuk ke dunia politik Indonesia. Setelah sempat dikabarkan masuk partai Demokrat, Narji ternyata berlabuh ke Partai Keadlian Sejahtera (PKS).


https://www.liputan6.com/news/read/4973790/presiden-pks-sebut-presidential-threshold-20-persen-jadi-kendala-lahirkan-pemimpin-nasional

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4973790/presiden-pks-sebut-presidential-threshold-20-persen-jadi-kendala-lahirkan-pemimpin-nasional
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ahmad Syaikhu, Narji,
companies ADA, WhatsApp,
parties Demokrat, PKS,
topics Pemilu 2024,
fasums Istora Senayan,
products Presidential threshold, UU Pemilu,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,