Duh! Media Rusia Sebut Ada Lab Biologis AS di RI, di Mana?

  • 29 Mei 2022 18:08:01
  • Views: 15

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) diduga memiliki laboratorium biologis yang berlokasi di Indonesia. Media resmi pemerintah Rusia, Sputnik, menyebut bahwa lab itu berada di Jakarta, yakni di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat.

Diketahui temuan dari Sputnik ini diungkapkan saat Moskow menemukan laboratorium serupa milik Washington ketika menyerang Ukraina. Rusia mengklaim AS sedang menciptakan senjata biologis baru yang dapat mengancam dunia.

Sputnik mengungkapkan bahwa laboratorium tersebut merupakan rumah bagi NAMRU-2 atau fasilitas bioresearch yang menyimpan patogen dan virus berbahaya.

Unit Penelitian Medis Angkatan Laut AS (NAMRU) berakar di Guam di bawah yayasan Rockefeller. Itu didirikan pada tahun 1955, sedangkan detasemen NAMRU-2 di Jakarta telah dibuka pada tahun 1970 untuk mempelajari penyakit menular yang berpotensi signifikansi militer di Asia, tulis Sputnik sebagaimana dikutip Minggu, (29/5/2022).

Hal ini sempat dikuatkan oleh keterangan Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari. Dia mengatakan lab itu sangat tertutup sehingga sulit menentukan kemajuan penelitian dalam lab itu.

Saya hanya tahu lab mereka sangat tertutup. Dan para penelitinya adalah Marinir Amerika, yang semuanya memiliki kekebalan diplomatik, kata Siti.

Menyikapi laporan ini, pemerintah AS melalui Kedutaan Besar-nya di Jakarta tak berkomentar lebih jauh. Namun dalam sebuah rilis lain, Negeri Paman Sam terus mewanti-wanti warga dunia bahwa Rusia seringkali memanipulasi informasi yang menyebut AS terlibat dalam pengembangan laboratorium virus.

Penyebaran Kremlin atas tuduhan yang tidak berdasar dan dibantah bahwa Amerika Serikat dan Ukraina melakukan kegiatan senjata kimia dan biologi di Ukraina adalah bagian dari taktik disinformasi Rusia yang mapan. Kremlin memiliki rekam jejak yang panjang dalam menuduh orang lain atas pelanggaran yang mereka lakukan, ujar rilis Departemen Luar Negeri AS.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ukraina Diserang Hacker, Inggris & AS Tunjuk Hidung Rusia


(roy/roy)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220529143659-37-342656/duh-media-rusia-sebut-ada-lab-biologis-as-di-ri-di-mana

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220529143659-37-342656/duh-media-rusia-sebut-ada-lab-biologis-as-di-ri-di-mana
Tokoh



Graph

Extracted

persons Siti Fadilah Supari,
companies ADA,
ministries Departemen Luar Negeri AS, Kemenkes,
products vaksin,
nations Amerika Serikat, Guam, Indonesia, Inggris, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Moskow, Washington,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,