Ikan Nemo Kian Digemari Jadi Ikan Hias, KKP Dukung Lewat Pengembangan di Sentra Budidaya

  • 29 Mei 2022 17:06:22
  • Views: 13

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyampaikan bahwa komoditas ikan hias menjadi salah satu andalan Indonesia dalam menopang perekonomian masyarakat.

Salah satu jenis ikan yang menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias adalah ikan nemo, atau yang biasa dikenal di Indonesia sebagai ikan badut

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Tb Haeru Rahayu mengatakan, ikan nemo kini menjadi salah satu primadona ikan hias air laut yang saat ini telah dikembangkan di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung.

Pria yang akrab disapa Tebe ini mengatakan, budidaya ikan hias laut telah berkembang secara pesat.

Perkembangan ini terutama pada teknologi pembenihan dan pembesaran beberapa jenis ikan hias laut.

Sentra-sentra budidaya ikan hias laut ini juga telah berkembang di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) yang berada di Lampung, Lombok, Ambon, dan Bali.

“Guna meminimalisir ikan hias hasil tangkapan alam, DJPB melalui BBPBL Lampung telah lama mengembangkan teknologi terapan budidaya nemo, ungkap Tebe dalam keterangannya dikutip, Minggu (29/5/2022).

Mulai dari teknologi penjodohan, teknologi pengelolaan induk, teknologi pemeliharaan larva, hingga teknologi pendederan dan pembesaran ikan nemo, sambungnya.

Tebe kembali melanjutkan, Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung telah lama melaksanakan budidaya ikan nemo hingga mendistribusikan bantuan kepada para pembudidaya ikan hias.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/29/ikan-nemo-kian-digemari-jadi-ikan-hias-kkp-dukung-lewat-pengembangan-di-sentra-budidaya

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/29/ikan-nemo-kian-digemari-jadi-ikan-hias-kkp-dukung-lewat-pengembangan-di-sentra-budidaya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Tb Haeru Rahayu,
ministries kementerian kkp,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, LAMPUNG, MALUKU,
cities Ambon, Lombok,
animals ikan hias,