Larangan Ekspor Komoditas Meluas ke Sejumlah Negara, Bisa Picu Krisis Pangan?

  • 29 Mei 2022 17:06:44
  • Views: 12

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tren pelarangan aktivitas ekspor komoditas andalan sejumlah negara kian berlanjut, di saat Indonesia baru saja mencabut larangan ekspor CPO.

Rusia tengah melarang ekspor gasnya, demikian juga India yang melarang ekspor gandum, serta Serbia dan Kazakhstan yang menerapkan kuota pada pengiriman biji-bijian.

Layaknya masalah keterbatasan pasokan minyak goreng di dalam negeri yang melambungkan harganya, kini hal serupa terjadi pada negara tetangga kita yakni Malaysia terhadap pasokan ayam, ujar Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengutip risetnya, Minggu (29/5/2022).

Baca juga: Ekspor Ikan Hias Indonesia Meningkat, Eropa Pasar Potensial Digarap

Dia mengungkapkan, Malaysia berencana menghentikan ekspor 3,6 juta ayam utuh, di mana akan dimulai pada 1 Juni 2022 sampai produksi dan harganya stabil.

Memang masyarakat menjadi garda terdepan sebagai prioritas utama. Masyarakatnya memang sudah mengeluhkan kenaikan harga ayam yang menjulang, kata Nico.

Sampai-sampai sejumlah penjual ayam melakukan mekanisme penjatahan dalam hal penjualannya, di mana hanya 2 ekor per pelanggan.

Profil ekspor Malaysia dalam aktivitas ekspor yaitu >49 juta ayam hidup pada 2020 berdasarkan data Departemen Layanan Kedokteran Hewan Kementerian Pertanian dan Industri Makanan.

Dengan larangan ekspor tersebut, Singapura menjadi negara yang terdampak cukup besar, diikuti oleh Thailand, Brunei, Jepang, dan Hongkong.

Baca juga: WHO: Serangan Rusia Picu Krisis Kesehatan di Ukraina

Nico menjelaskan, kontribusi ekspor ayam Malaysia menyumbang sepertiga dari pasokan Singapura sebesar 73 ribu ton ayam pada 2021, di mana hampir semuanya merupakan ayam hidup yang kemudian dipotong dan didinginkan di Singapura.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/29/larangan-ekspor-komoditas-meluas-ke-sejumlah-negara-bisa-picu-krisis-pangan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/29/larangan-ekspor-komoditas-meluas-ke-sejumlah-negara-bisa-picu-krisis-pangan
Tokoh

Graph

Extracted

ngos GARDA, WHO,
topics ekspor,
products CPO,
nations Brunei, India, Indonesia, Jepang, Kazakhstan, Malaysia, Rusia, Singapura, Thailand, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Hongkong,
animals Ayam, ikan hias,