Cegah PMK, Ketua Komisi E DPRD Jatim nilai penutupan pasar hewan sudah tepat

  • 30 Mei 2022 15:36:56
  • Views: 14

Sumber foto: Fendi Lesmana/elshinta.com.

Elshinta.com - Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Wara Sundari Renny Pramana menilai keputusan Pemerintah Kabupaten Kediri untuk menutup sejumlah pasar hewan sebagai upaya preventif penularan virus PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) sangat tepat.

Legislator yang membidangi pendidikan dan kesehatan ini menjelaskan, jika tidak segera dilakukan penutupan dikhawatirkan nantinya penyebaran virus tersebut akan semakin meluas.

Kalau kita tidak antisipasi, lengah jangan sampai kemudian nanti menjadi meluas. Malah merepotkan lagi nanti, terang perempuan yang akrab disapa Renny Pramana seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Fendi Lesmana, Minggu (29/5). 

Lebih lanjut Ia berharap Bupati Kediri beserta gugus tugas dapat mengantisipasi sekaligus menyelesaikan persoalan penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku ini.

Kuncinya hidup bersih dan sehat, pada hewan pun juga kita perlakukan yang sama.Harus bersih baik kandang mau pun makananya. Serta harus cepat tanggap, jika terjadi sesuatu segera menghubungi petugas kesehatan hewan, ujarnya.

Selain penutupan pasar hewan, Renny Pramana juga mengapreasiasi  pembentukan gugus tugas yang sudah dilakukan disetiap desa.

Saya apresiasi mas bup mau membentuk gugus tugas disetiap desa untuk antisipasi, terangnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Kaleb Untung Satrio Wicaksono  ikut menambahkan jika penutupan pasar hewan berlangsung hingga tanggal 10 Juni 2022. 

Dalam hal ini Gugus tugas yang ada di tiap Desa memiki tupoksi memantau arus keluar masuknya hewan ternak khususnya sapi  di daerahnya masing masing .

Gugus tugas terdiri dari Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas, tokoh masyarakat maupun warga yang memiliki kemampuan di bidang peternakan, paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kediri telah mengeluarkan kebijakan melakukan penutupan sejumlah pasar hewan. Penutupan terpaksa dilakukan karena semakin masifnya penyebaran virus PMK di wilayah Kabupaten Kediri .

Tercatat hingga Jumat (27/5) sudah ada sekitar  227 ekor sapi yang tertular virus PMK.


https://elshinta.com/news/269470/2022/05/29/cegah-pmk-ketua-komisi-e-dprd-jatim-nilai-penutupan-pasar-hewan-sudah-tepat

Sumber: https://elshinta.com/news/269470/2022/05/29/cegah-pmk-ketua-komisi-e-dprd-jatim-nilai-penutupan-pasar-hewan-sudah-tepat
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries DPRD, gugus tugas,
places JAWA TIMUR,
cities Kediri,
animals Sapi,