Menteri PUPR Bongkar Biang Kerok Banjir Rob di Semarang

  • 29 Mei 2022 11:07:25
  • Views: 12

IDXChannel  - Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut bahwa perubahan iklim merupakan dampak yang nyata. 

Jika tidak segera diatasi bersama, maka cepat atau lambat umat manusia bakal merasakannya.

Seperti misalnya yang belum lama dirasakan masyarakat di Semarang, Tengah yang terdampak Banjir Rob dari Laut Jawa. Tentu banjir rob di Semarang bukan yang pertama, karenya seringnya bahkan pemerintah membuat tanggul agar tidak terdampak banjir rob.

Akibat perubahan iklim kenaikan muka air laut makin hari makin meningkat, yang bahkan kondisinya sudah di atas permukaan tanah. Menteri Basuki menyebut pembanguann tanggul di Semarang sebetulnya sudah mengkur dari kenaikan air laut sebelumnya.

Namun nyatanya, kemarin tetap saja air laut lebih tinggi dari permukaan tanah yang menyebabkan beberapa wilayah di Semarang terendam air laut yang sudah barang tentu banyak merugikan masyarakat.

Terkena dampak perubahan iklim di Semarang, Jawa Tengah yakni banjir rob. Parapet yang dibangun berdasarkan data terakhir banjir rob setinggi sekitar 1,8 meter di atas muka laut, pasang naiknya sehingga kita bikin parapet 2 meter, kata Menteri Basuki pada keterangan tertulisnya dikutip Minggu (29/5/2022).

Sedangkan tinggi air laut yang terjadi saat banjir rob kemarin mencapai 2,1 materi. Kenaikan muka air laut itu tergolong signifikan. Antar bajir rob terkahir yang menjadi hitungan pemerintah dan banjir rob yang baru kemarin terjadi, mengalami kenaikan setidaknya 30cm.

Karena fenomena perubahan iklim air pasang tinggi melebihi jadi 2,1 meter, sambungnya.

Pelepasan emisi karbon yang tidak bisa dibendung bakal membuat perubahan iklim semakin cepat siginifikan tejadi. Menteri Basuki berharap bersama dengan negara-negara yang tergabung di Forum Global Platform On Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 bisa saling bekerja sama untuk mengatasi dampak dari perubahan iklim.

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/menteri-pupr-bongkar-biang-kerok-banjir-rob-di-semarang

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/menteri-pupr-bongkar-biang-kerok-banjir-rob-di-semarang
Tokoh



Graph

Extracted

persons Basuki Hadimuljono,
companies MNC,
topics Banjir, Banjir ob,
places JAWA TENGAH,
cities Semarang,