KM Ladang Pertiwi yang Karam Tak Pernah Lapor kepada Syahbandar

  • 29 Mei 2022 09:52:23
  • Views: 9

Minggu, 29 Mei 2022 - 08:59 WIB

VIVA – Kapal motor (KM) Ladang Pertiwi yang tenggelam di wilayah Perairan Pulau Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, ternyata tidak memiliki izin untuk berlayar.

Koordinator Syahbandar Pelabuhan Paotere di Makassar, Nufrizal Atmakaesa, mengatakan bahwa sebenarnya KM Ladang Pertiwi izinya bukan kapal barang dan penumpang, melainkan itu kapal nelayan.

Kalau status kapal itu kapal nelayan, bukan kapal barang. Jadi untuk izinnya itu ada di Syahbandar Perikanan, bukan di Syahbandar kami, ujarnya kepada wartawan di Pelabuhan Paotere Makassar, Sabtu, 28 Mei 2022.

Kabar bahwa KM Ladang Pertiwi tenggelam baru diketahui setelah berangkat dari Pelabuhan Paotere pada Jumat sore. Mengenai sebelum keberangkatan, Syahbandar belum mengetahui secara pasti sebab tidak ada izin keberangkatan di Syahbandar Paotere.

Kami tidak pernah diberi tahu soal keberangkatannya ini kapal. Dia itu datang tidak pernah melapor, berangkatnya juga tidak melapor, kegiatannya juga tidak pernah dilapor. Jadi untuk terkait penumpang naik itu, kami tidak tahu. Pada saat dia naik jam berapa, orang di atas kapal berapa, kami tidak tahu; pas ada kabar tenggelam baru kami tahu, katanya.

Sejumlah

Sejumlah penumpang KM Ladang Pertiwi yang selamat usai kapal yang ditumpanginya tengelam di perairan Selat Makassar tiba di Dermaga Parappa, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 28 Mei 2022.

Syahbandar telah berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mempertanyakan apakah KM Ladang Pertiwi memiliki izin berlayar atau tidak. Yang pasti, Syahbandar Pelabuhan Paotere tidak pernah mengeluarkan izin berlayar bagi kapal barang di Pelabuhan Paotere. Apalagi BMKG telah mengeluarkan peringatan  soal gelombang tinggi.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1479488-km-ladang-pertiwi-yang-karam-tak-pernah-lapor-kepada-syahbandar?terbaru=2

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1479488-km-ladang-pertiwi-yang-karam-tak-pernah-lapor-kepada-syahbandar?terbaru=2
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BMKG, kementerian kkp,
places SULAWESI SELATAN,