Bekas TPS Jadi Lapangan Bola Indah di Tasikmalaya, Pemandangan Gunung Galunggung

  • 29 Mei 2022 07:04:49
  • Views: 6

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah tempat pembuangan sampah atau TPS di Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kini telah berubah menjadi lapangan sepak bola. Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyudin mengatakan, lapangan sepak bola bernama Sakti Lodaya ini terhampar di lahan terasering yang diapit Gunung Galunggung dan kawasan perbukitan. Udaranya sejuk, pemandangan indah, dan tersedia berbagai fasilitas olahraga di sana. 

Dulu, lahan ini adalah tempat pembuangan sampah karena tanahnya tidak produktif, kata Yudi Cahyudin di Tasikmalaya, Sabtu, 28 Mei 2022. Kemudian Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Cisayong, mengembangkan lahan tersebut menjadi fasilitas olahraga, terutama lapangan sepak bola yang diklaim bertaraf internasional.

Rumput hijau jenis zoysia matrella linmer menutup setiap celah tanah lapangan sepak bola tersebut. Rumput ini setara rumput di lapangan Jakarta Internasional Stadium atau JIS. Rumputnya dari hasil budidaya masyarakat di sini, kata Yudi. Pada sisi lapangan terdapat jogging track dan Taman Lansia, lengkap dengan batu terapi dan taman.

Fasilitas di lapangan Sakti Lodaya terbagi atas tiga zona. Selain lapangan untuk pertandingan sepak bola, ada pula lapangan latih seluas 42 x 25 meter persegi dan Taman Lansia seluas 120 meter persegi yang memisahkan lapangan sepak bola dengan lapangan latihan.

Lapangan Sakti Lodaya di Desa Cisayong ini seluas 5.000 meter persegi dan berstatus tanah kas desa. Proses peralihan dari tempat pembuangan sampah menjadi lapangan sepak bola mulai pada 2018 dengan dana Rp 2 miliar. Yudi Cahyudin melanjutkan, masih ada lahan yang tersisa sekitar 350 meter persegi untuk fasilitas olahraga lansia, seperti sepeda statis, taman bermain, dan lainnya. 

Keberadaan lapangan ini, menurut dia, juga berkontribusi pada pendapatan desa. Siapapun dapat menyewa lapangan seharga Rp 2,5 juta untuk satu kali pertandingan sepak bola. Kami berharap lapangan Sakti Lodaya dan beragam fasilitas di dalamnya dapat menjadi destinasi wisata alternatif, ucap Yudi.

Baca juga:
Oleh-oleh Khas Tasikmalaya yang Layak Anda Bawa Pulang

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://travel.tempo.co/read/1596114/bekas-tps-jadi-lapangan-bola-indah-di-tasikmalaya-pemandangan-gunung-galunggung

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1596114/bekas-tps-jadi-lapangan-bola-indah-di-tasikmalaya-pemandangan-gunung-galunggung
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana, Telegram,
ngos SEJUK,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Gunung, Tasikmalaya,
transportations sepeda,