Pemerintah Siapkan Vaksin untuk Mewaspadai Wabah PMK

  • 28 Mei 2022 19:36:38
  • Views: 10

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) telah memulai produksi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Vaksin tersebut diharapkan dapat menanggulangi wabah PMK di Indonesia yang setelah kemunculan kasus pertama di Jawa Timur pada akhir April silam.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan produksi vaksin PMK sesuai dengan instruksi Mentan Syahrul Yasin Limpo kepada Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Ia mengaku telah menyaksikan sendiri proses pengembangan produksi vaksin PMK.

Dengan upaya vaksinasi yang efektif, tindakan pengendalian yang ketat, sistematis dan berkelanjutan telah terbukti pemberantasan PMK di sebagian besar negara menjadi bebas PMK. Vaksinasi menjadi solusi dan harapan bagi para peternak di seluruh Indonesia, ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip dari Antara, Sabtu 28 Mei 2022.

Baca Juga: Hasil FP3 MotoGP Italia 2022: Francesco Bagnaia Tercepat Setelah Hampir Terjatuh

Ia berharap dengan adanya vaksin PMK, Indonesia diharapkan bisa segera dapat disembuhkan dan kembali menjadi negara bebas PMK.

Di samping itu, Kepala Pusvetma Kementan Edy Budi Susila menjelaskan bahwa, proses produksi vaksin di Pusvetma saat ini telah memasuki purifikasi isolate dan fase keenam. Ia menjelaskan proses pembuatan vaksin tersebut dengan menggunakan teknologi tissue culture dengan sel BKH 21.

Vaksin bersifat inaktif dan diformulasikan dengan adjuvant, sebutnya.

Baca Juga: Geger Temuan Sekte Baru Pemakan Tinja hingga Kulit Mati Manusia, Sebut Pemimpinnya Bapak Segala Agama

Lebih lanjut, jelas Edy, pengembangan produksi vaksin PMK ini memerlukan proses karena Pusvetma sebelumnya sudah tidak memproduksi vaksin penyakit itu sejak Indonesia dinyatakan bebas PMK tanpa vaksinasi oleh Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) pada tahun 1990.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014587228/pemerintah-siapkan-vaksin-untuk-mewaspadai-wabah-pmk

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014587228/pemerintah-siapkan-vaksin-untuk-mewaspadai-wabah-pmk
Tokoh







Graph

Extracted

persons Francesco Bagnaia, Kuntoro Boga Andri, Syahrul Yasin Limpo,
ministries Kementan,
events MotoGP, vaksinasi,
products vaksin,
nations Indonesia, Italia,
places JAWA TIMUR,
musicclubs APRIL,