Ketua Kadin Diperiksa KPK, Diduga Ada Duit Mengalir ke Ade Yasin

  • 28 Mei 2022 19:05:19
  • Views: 15

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK terus melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi untuk tersangka Ade Yasin alias AY, dalam kasus tindak pidana korupsi pengurusan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2021. Teranyar, KPK memanggil dan memeriksa ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, Shinta Che Checawaty dan dua ajudan AY saat menjabat Bupati Bogor. 

Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan Shinta diperiksa karena diduga ada dana dari pihak swasta yang mengalir kepada tersangka AY melaluinya, dan melalui orang kepercayaan AY yang digunakan dalam Kasus Suap kepada BPK Perwakilan Jawa Barat. Selain Sintha, Ali menyebut KPK juga memeriksa Tim branding Kabupaten Bogor, Dede Sopian (CV Dede Print). 

Keduanya memenuhi panggilan Tim Penyidik dan dikonfirmasi antara lain terkait dugaan aliran penerimaan sejumlah uang dari beberapa pihak swasta untuk tersangka AY melalui orang kepercayaannya, kata Ali kepada Tempo, melalui pesannya. Sabtu, 28 Mei 2022.

Pada pemeriksaan ketua Kadin Kabupaten Bogor, menurut Ali, Tim Penyidik KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap dua saksi lainnya yakni ajudan AY bernama Anisa Rizky Septiani alias Ica dan Kiki Rizky Fauzi. Ali menyebut KPK juga memeriksa atas nama Diva Medal Munggaran, pegawai honorer Dinas PUPR Kabupaten Bogor. Ketiga saksi tersebut diperiksa oleh penyidik KPK pada Jumat, 27 Mei 2022, di gedung merah Putih KPK. 

Ali Fikri menjelaskan, untuk ketiga saksi yang dipanggil itu, penyidik KPK memintai keterangan para saksi sebab diketahui adanya pertemuan tersangka AY dengan para Kontraktor. Ali menyebut, dalam pertemuan tersebut penyidik KPK menduga ada penerimaan sejumlah uang untuk AY yang diberikan oleh pihak kontraktor itu. 

Ketiganya memenuhi panggilan Tim Penyidik dan dikonfirmasi antara lain terkait dugaan adanya beberapa pertemuan antara Tersangka AY (Ade Yasin) dengan beberapa pihak kontraktor dimana diduga dalam pertemuan tersebut ada penerimaan sejumlah uang untuk AY, kata Ali.

Baca juga: KPK Perpanjang Penahanan Bupati Bogor Ade Yasin Selama 40 Hari


https://metro.tempo.co/read/1596025/ketua-kadin-diperiksa-kpk-diduga-ada-duit-mengalir-ke-ade-yasin

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1596025/ketua-kadin-diperiksa-kpk-diduga-ada-duit-mengalir-ke-ade-yasin
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ade Yasin, Ali Fikri, Fauzi, Sukamto,
companies ADA, Dana,
ministries BPK, Kadin, KPK,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor,
cases kasus suap, korupsi, Tipikor,